Belum Tentu Cocok Untuk Semua Anak

Perpikir untuk memutuskan menyekolahkan anak di rumah atau homeschooling sebenarnya bukan hal mudah. masih banyak pertimbangan walaupun sianak mudah bersedia melakukan homeschooling, dan begitu pula jika orang tua sudah mendukung. harus diketahui juga kendala yang mungkin akan datang dari pengaruh lingkungan.

Belum Tentu Cocok Untuk Semua Anak

Praktisi pendidikan Henny Supolo menyebutkan bahwa, "Homeschooling dibutuhkan untuk anak anak yang yang dikarenakan kegiatan sehari hari atau kebutuhan individualnya tidak bisa bersekolahdengan sistem umum, sehingga pendekatan yang lebih praktis diberikan oleh orang tua atau orang orang terdekatnya lebih menjadi sangat penting, maka untuk anak anak inilah Homescholing sangat dibutuhkan."

Sebelum memutuskan melakukan Homeschooling selaku orang tua diharuskan untuk wajib menjawab dulu mengapa mereka membutuhkan homeschooling dan menghitung berbagai kemungkinan. Tentunya disaat memutuskan sangatlah perlu melibatkan anak mereka, karena bagaimanapun sekolah bisa membuka kemungkinan berteman atau bersosialisasi yang lebih luas dibandingkan homescooling.

Jika orang tua sudah menemukan jawaban, perlunya homeschooling dan anak tak keberatan tinggal mencarikan metode homeschooingb yang pas. Untuk itu, orang tua harus jernih memahami apa sebenarnya kebutuhan anak, ini merupakan kebutuhan dasar dari pilihan. Kebutuhan seringkali berbeda dengan keinginan sianak, nah untuk memahami kiebutuhan anak maka dibutuhkan pemahaman perkembangan anak.

Bagi orang tua, memahami kesiapan mental anak untuk menjalankan homeschooling merupakan tahap awal yang krusial, tidak lepas bagi anak untuk melepaskan diri dari lingkungan teman temannya, dan seringkali terutama ketika sat remaja, kebutuhan bersosialisasi begitu besar, sehingga keterbatasan interaksi mempengaruhi rasa percaya diri pada anak. sehingga keputusan menjalankan homeschooling pula tentu harus dilakukan bersama denagan menemani berbagai konsekuensi dalam perkembangan dan mengimbanginya dengan berbgai cara.

Begitulah sedikit bahasan dari kami tentang homeschooling bagi anak dan memahami karakter apakah memutuskan sekolah anak dan melanjutkan dirumah ternyata tidak semua anak cocok. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Wassalam

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com