Cara Agar Sikap Anak Menjadi Disiplin

Anak anak kadang sengaja berperilaku salah untuk memenuhi rasa ingin tahunya, dan kadang hanya untuk mengetes orang tuanya. Dengan sikap itu maka kita kadang bisa menjadi stress saat memikirkannya melihat tinkah laku anak yang nakal, rewel dan susah diatur. Kita sealaku orang tua maka sangat perlu ubtuk mengetahui strategi dan cara disiplin yang bisa diterapkan kepda anak anda jika mereka berperilaku demikian.

Cara Agar Sikap Anak Menjadi Disiplin

Adapun cara yang bisa kita lakukan agar sikap anak menjadi disiplin sebagai berikut :

1. Selalu konsisten
Tak peduli berapa usia mereka, anak anak membutuhkan batasan yang jelas peraturan anda tidak perlu ditulis diatas baju prasasti, tapi pada dasarnya mereka harus bersifat sama dari hari ke hari. Jika kemarin anda berkata jam tidur anda jam 09 malam, maka bersiaplah untuk mematikan televise dan lampu kiamarnya dihari yang sama keeokan malam nya. Ini mungkin hanya cintoh kecil, akan tetapi selalu tegakkan peraturan setiap hari, dari cuci tangan saat hendak makan hingga memegang tangan anda saat hendak menyeberang jalan. Ketika anak anak tidak yakin perilaku apa yang diharapkan kepada mereka maka peraturan yuang terlihat tak berate dan keinginan untuk m,ematuhinya pun akan menguap.

2. Alihkan perhatian
Anda mungkin berpikir bahwa trik disiplin mengalihkan perhatian hanya efektif dilakukan hanya kepada bayi saja , namun padahal cara ini bisa dilakukan dan bisa bekerja pada anak yang lebih tua dan pra sekolah. Setelah anda melihat tanda tanda manjanya (merengek, bibir bergetar, air mata buaya) dengan cepat anda ganti topic pembicaraan “hey apakah kamu tau nenekmu akan dating besok” atau “bunda lupa menunjukan sesuatu, cepat kemari.!” Nah dengan perhatian yang mengejutkan mungkin cukup untuk mengalihkan anak anda dari trantumnya.

3. Perhatikan perbuatan baik
Tak ada banyak kata yang dilakukan untuk memberikan motifasi  orang lain, terutama sikecil anda, ketika anda melihat anak kesayangan anda membersihkan mainanya tanpa meminta 10 kali, atau dia melakukan teknik pernapasan yang anda ajarkan disaat frustasi maka berikan dia pujian. Hal ini menunjukan bahwa anda benar benar memperhatikan dia. Dan ditambah rasa bangga anda dengan mendorongnya untuk mera bangga dengan tindakannya juga. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan dengan pujian terutama dengan hal hal yang tidak banyak membutuhkan usaha.

4. Berikan kesempatan
Menyelesaikan ketika anda melihat anak anda melakukan sesuatu yang tidak seharusnya, maka tawarkan kepada mereka untuk melakukan hal yang benar, misalnya anda menemukan anak anda sedang melompat lompat diatas tempat tidur, anda bisa berkata, kita tidak boleh melompat lompat diatas tempat tidur, kamu dapat melompat lompat diatas lantai,  jika perbuatanya masih melakukan, maka ini barulah dibei peringatan. Contoh peringatan harus yang sewajarnya, misalnya tidak boleh nonton tv atau tidak boleh bermain Ipad selama satu jam.

Nah sekian hal yang perlu kita ketahui sedikit cara membuat tingkah laku anak kita agar tetap selalu disiplin, sehingga menjadi anak yang berbakti kepada orang tua. Terimaksih atas segala perhatiannya semoga bisa brmanfaat bagi anda dan bagi saya sendiri. Wassalam 

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com

This Is The Oldest Page