Cara Alami Atasi Gangguan Pada Pencernaan

Gangguan pencernaan juga sering disebut dispepsia atau sakit perut yang menggambarkan ketidak nyamanan di perut bagian atas. Pada dasarnya Gangguan sistem pencernaan bukanlah suatu penyakit yang dikategori berbahaya, melainkan hamyalah beberapa gejala yang Anda alami seperti sakit perut atau berupa perasaan kenyang sebelum Anda mulai makan.  Meskipun gangguan sistem pencernaan adalah umum.
Cara Alami Atasi Gangguan Pada Pencernaan
Seperti yang di sebutkan dari beberapa sumber kesehatan, gangguan pencernaan adalah sebuah kondisi seseorang mengalami gangguan sistem pencernaan, yaitu lambatnya pergerakan makanan dalam saluran cerna, lebih lambat daripada pada kondisi normal.
Penyebab penyakit gangguan pencernaan yang utama memiliki banyak penyebab, seperti pola makan yang tidak sehat, stres, kebiasaan makan yang buruk, minuman beralkohol,  pengobatan yang menyebabkan iritasi, infeksi kronis, dan lainnya sehingga muncullah bateri dalam sistem pencernaan.

Nah untuk itu kami akan mengupas sedikit cara alami bagaimana untuk mengatasi masalah gannguan pada pencernaan Anda, berikut kami rangkumkan :

1. Perhatikan ukuran dan porsi.
Perut memang dapat melar dan memuat banyak makanan, itu bukan berarti kita bisa makan yang banyak, jika setiap kali mau makan maka Anda sebaiknya mengambil makanan tak lebih dari kedua telapak tangan kita, dan perbanyak asupan sayuran dan buah buahan yang segar, jika Anda sering makan daging merah maka makanlah tidak lebih dua kali dalam seminggu. Dengan perubahan ini akan mampu mengurangi sembelit dan gangguan pencernaan.

2. Mengasup Enzim
Enzim merupakan sat yang berperan penting dalam proses pencernaan makanan. Banyak Enzim yang diproduksi di saluran pencernaan dan ada juga Enzim yang ditemukan dimakanan mentah, Enzi mini juga diperlukan untuk mencerna makanan. Biasanya makanan yang dimasak berlebihan atau makanan mentah sangat kurang sekali mengandung Enzim ini. Usia juga berperan penting dalam kesehatan pencernaan, dalam setiap 10 tahu sekali produksi enzim biasanya akan berkurang, suplementasi Enzim untuk keluhan gangguan pencernaan juga dapat mengatasi keluhan tersebut.

3. Istirahat setelah makan
Istirahat sejenak setelah makan akan memberikan awal yang baik bagi pencernaan, dan duduklah sebarang 10 menit setelah Anda makan siang. Anda dapat duduk bermeditasi atau bercakap cakap dengan teman akrab anda atau lainnya.

4. Latihan yoga
Kombinasi gerakan yoga, panas dan latihan napas mendukung system pencernaan yang sehat. Yoga mendukung gerakan usus yang dapat menggerakkan racun dan sisa sisa makanan di usus. Hal ini akan lebih menguntungkan karena akan meningkatkan pertumbuhan bakteri sehat di perut.

Sebenarnya masih banyak lagi cara yang bisa kita lakukan untuk mengantisipasi gangguan pada pencernaan, maka disini kami hanya mengulas beberapa cara mendasar saja, semoga bisa bermanfaat bagi Anda dan saya sendirinya. Wassalam

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com