Kereta Dorong Menstimulasi Sikecil Belajar Berjalan

Saat sibuah hati berusia 15 bulan, kebanyakan orang tua sudah mulai berharap harap cemas menantikan pertumbuhan buah hatinya untuk berjalan. Wajar saja namun jika buah hati anda belum dapat berjalan di usia 15 bulan, anda tidak perlu panik ya Bunda. Sebab hal itu masih dalam tahap pertumbuhan normal. Tapi lain halnya jika si kecil sudah berusia 18 bulan juga belum menunjukkan tanda tanda untuk berjalan. Jika hal ini terjadi, maka Anda perlu mencari bantuan kepada Spesialis tumbuh kembang anak, baik itu dokter aaupun psikolog.

Kereta Dorong Menstimulasi Sikecil Belajar  Berjalan

Vera Itabliana Hadiwidjojo seorang psikolog anak menyatakan bahwa anak mulai menampakan kaki untuk pertama kali pada usia rentang antara 9 sampai dengan 18 bulan. Jika ikecil juga mau belum mau berjalan diatas rentang usia tersebut maka kita perlu mencari tau atau faktor yang membuat anak lambat berjalan.

Dijelaskan oleh Vera, sebenarnya ada beberapa faktor yang menjadi penyebab anak terlambat berjalan mari simak penjelasannya sebagai berukut :

1. Faktor bawaan.
Yakni kondisi fisik yang tidak sempurna atau gangguan pada perkembangan secara fisik. Kalau ini penyebabnya anak perlu dibawa ke dokter untuk menjalani pemeriksaan dan menjalani perawatan media, papar Vera.

2. Faktor kekurangan stimulasi 
Hal ini terjadi karena anak bisa jadi kurang mendapatkan stimulasi perkembangan motorik dari orang tuanya. Jika hal ini yang terjadi maka orang tuanya agar hendak mengkonsultasi dengan dokter atat psikolog anak untuk mengetahui tentang apa yang dapat dilakukan untuk membantu anak dapat berjalan.

Untuk Kasus ini, Anak Anda mungkin akan dirujukkan untuk menjalani terapi motorik yang dapat membantu anak belajar berjalan. Selain itu orang tua juga bisa melakukan aktifitas seperti mengajak anak berenang, melakukan pemijatan, dan memberikan kesempatan kepada anak untuk latihan berjalan, seperti memberikan mainan yang dapat merangsang anak berdiri lalu mendorong atau menarik mainan trsebut, sehingga anak mampu menggerakkan kakinya.

Pemberian stimulasi dianjurkan dalam suasana bermain yang menyenangkan, mainan yang antraktif sekaligus merangsang perkembangan motorik kasarnya yang dapat membuat sianak memperoleh moment yang menyenangkan sambil belajar berjalan. pilih mainan yang dapat difungsikan Sebagai kereta dorong, sehingga sianak saat kereta didorong maju mundur oleh sikecil akan membuat sianak terbiasa terangkat kakinya agar terbiasa dalam berjalan.


Nah diatas artikel yang menjelaskan beberapa faktor yang perlu kita ketahui ketik anak sudah mulai melebihi masa usianya tapi masih belum bisa berjalan menurut ahli Psikolog, dan solusi yang harus kita lakukan, semoga bisa membantu. Wassalam

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com