Konsumsi Apel Sangat Baik Bagi Kesehatan

Tags

Pada tahun 2004, para ilmuwan USDA menyelidiki lebih dari 100 makanan untukmengukur konsentrasi antioksidan per ukuran porsi. Dua Apel RedDelicious dan Granny (Apel merah dan apel hijau) masing masing memiliki peringkat 12 dan 13 Antioksidan yang mampu melawan penyakit senyawa.

Konsumsi Apel Sangat Baik Bagi Kesehatan

Para ilmuwan percaya senyawa ini dapat membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan oksidasi yang terjadi selama aktivitas sel normal. Apel juga merupakan serat yang disebut pectin.

Apple berukuran sedang mengandungsekitar 4 gram serat. Pektin digolongkan sebagai serat larut, beragi dan kental, kombinasi yang memberikan daftar besar bagi manfaat kesehatan.
Berikut ini beberapa manfaat apel bagi kesehatan :
  
Menjadikan gigi putih dan lebih sehat
Apel ternyata bisa membuat gigi Anda menjadi putih, dengan menggigit dan mengunyah apel maka akan merangsang produksi air liur di mulut Anda, dan dapat mengurangi kerusakan gigi dengan menurunkan kadar bakteri.

Melindungi Parkinson
Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan buah-buahan dan makanan berserat tinggi akan memperoleh sejumlah perlindungan terhadap Parkinson yaitu penyakit yang ditandai dengan kerusakan sel-sel saraf otak. Ilmuwan telah menghubungkan untuk memerangi radikal bebas kekuatan antioksidan yang terkandung di dalamnya dengan konsumsi apel.

Mengekang segala macam kanker
Para ilmuwan dari American Association for Cancer Research, menyatakan bahwa konsumsi apel kaya akan flavonol yang dapat membantu mengurangi risiko Anda mengembangkan kanker pankreas hingga 23 persen.

Para peneliti di Cornell University telah mengidentifikasi beberapa senyawa seperti triterpenoids di kulit apel memiliki sel yang kuat antibpertumbuhan yang melawan kegiatan sel-sel kanker di hati, usus besar dan payudara.

Mengurangi resiko diabetes
Wanita yang makan setidaknya satu apel sehari yang 28 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan diabetes daripada mereka yang tidak makan apel. Apel memiliki sarat dengan serat kadar larut air kunci untuk menumpulkan ayunan gula darah.

Mengurangi kolesterol
Apel juga mampu mengurangi kadar kolestro. Serat larut air yang ditemukan dalam apel berikatan dengan lemak di usus, yang menurunkan kadar kolesterol Anda  dan lebih sehat

Mencegah wasir
Wasir adalah vena bengkak di anus dan sementara tidak mengancam kehidupan, vena ini bisa sangat menyakitkan. Mereka disebabkan oleh terlalu banyak tekanan di daerah panggul dan dubur. Dengan mengkonsumsi apel akan membantu meringankan wasir bagi penderita wasir.

Mencegah katarak
Studi jangka panjang terbaru menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki diet yang kaya buah-buahan yang mengandung antioksidan seperti apel akan 10 sampai 15 persen lebih kecil kemungkinan nya untuk mengembangkan katarak.

Mengontrol berat badan Anda
Banyak masalah kesehatan terkait dengan kelebihan berat badan, diantaranya jantung penyakit, stroke, tekanan darah tinggi, tipe 2 diabetes dan stroke. Untuk mengelola berat badan dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, dengan konsumsi apel kadar kalori didalam tubuh akan dikontrol sehingga jadi imbang.

Nah sekian sekitit penjelasan tentang konsumsi apel bagusnya bagi kesehatan, dan beberapa manfat yang diberikan oleh apel, semoga bisa bermanfaat bagi Anda dan saya sendirinya.

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com