Manfaat Alpukat Yang Perlu Anda Ketahui

Tags

Alpukat memberikan beberapa manfaat praktis selain menjadi komponen yang sangat bergizi dari diet yang sehat. Kulit alpukat menawarkan banyak manfaat antibiotik dan antiparasit, dan daun dapat dibuat menjadi tapal untuk mempercepat penyembuhan luka atau disiapkan sebagai teh untuk mengobati sakit tenggorokan dan diare, dan biji alpukat juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan potensial.
Manfaat Alpukat Yang Perlu Anda Ketahui
1. Antimikroba
Biji alpukat menawarkan antibiotik alami dan manfaat anti jamur, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam edisi Maret 2009 dari Journal "Revista da Sociedade Brasileira de Medicina Tropical." Dalam studi tabung, ekstrak biji alpukat menghambat berbagai patogen, termasuk Candida dan jamur lain dan nyamuk yang membawa penyakit tropis demam kuning.

2. Antioksidan
Berbagai phytochemical antioksidan dalam biji alpukat, termasuk flavonoid dan proanthocyanidins, dapat  membuat ekstrak biji alpukat bermanfaat sebagai bahan tambahan makanan sehat atau suplemen antioksidan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Mei 2012 edisi "Journal of Agricultural and Food Chemistry." Efek antioksidan dan antimikroba biji alpukat juga dapat membantu mencegah pembusukan makanan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam 2011 edisi "Journal of Agricultural and Food Chemistry."

Penelitian tabung menunjukkan bahwa biji alpukat dan kulit mengandung kadar tinggi dan aktivitas senyawa antioksidan seperti katekin dan procyanidins dibandingkan dengan alpukat bubur. Biji dan kulit ekstrak dilindungi terhadap oksidasi lemak dan protein dalam daging siap, dan cukup menghambat beberapa jenis bakteri patogen.

3. Penurun kolesterol
Biji alpukat mampu menurunkan kadar kolesterol dan dapat melindungi terhadap pembentukan plak arteri, menurut sebuah studi hewan laboratorium yang diterbitkan dalam Maret 2012 jurnal "Tanaman Foods di Human Nutrition." Peneliti menghubungkan manfaat penurun kolesterol untuk konten yang tinggi benih itu serat makanan, yang menurunkan kadar kolesterol dengan cara mengikat kolesterol dalam saluran usus dan mencegah penyerapan. Aktivitas antioksidan dari biji alpukat juga dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular dengan menghambat oksidasi lipid, sebuah proses yang mengarah pada pembentukan plak arteri. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah manfaat ini meluas ke manusia.

4. Makanan Dye
Pigmen oranye yang terbentuk ketika biji alpukat dihancurkan menunjukkan potensi sebagai pewarna makanan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam edisi November 2011 dari "Journal of Food Science." Para peneliti mencatat bahwa pigmen, yang stabil dalam berbagai kondisi pH dan suhu, mungkin memenuhi permintaan publik untuk aman, alternatif alami untuk pewarna makanan sintetis.

Sekian artikel yang dapat kami rangkumkan tentang manfaat alpukat bagi kesehatan, dengan mengetahui beberapa macam manfaat tersebut, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi Anda semua. Wassalam

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com