Manfaat Manggis Bagi Kesehatan Yang Menakjubkan

Tags

Manggis merupakan buah eksotis yang dibudidayakan terutama di lingkungan yang lembab dari Asia Tenggara seperti Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Indonesia. Buah ini memiliki tiga bagian utama: kulit yang warna ke unguan, daging  berwarna putih yang tersegmentasi seperti jeruk dan biji. Manggis memiliki rasa yang rasanya seperti kombinasi stroberi, peach, vanilla ice cream; sudah pasti manis dengan asam sangat sedikit.

Manfaat Manggis Bagi Kesehatan Yang Menakjubkan

Selain isinya nya yang begitu nikmat, Kulit manggis ternyata mengandung banyak manfaat bagi kesehatan, kulit manggis diyakini kaya akan antioksidan yang kuat. Kulit manggis dapat menghasilkan senyawa xanthone, yaitu zat yang terbentuk dari kulit terisolasi dari buah manggis. Tingkat mencapai 123,97 mg per ml. Xanthone memiliki aktivitas anti-inflamasi dan antioksidan. Senyawa xanthone untuk menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel yang menghambat proses degenerasi sel.

Manggis diyakini memiliki beberapa manfaat kesehatan :
Manggis telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional dari berbagai negara Asia untuk waktu yang sangat lama, dan pernah membawa semua jalan di seluruh dunia sehingga bisa dicicipi oleh Ratu Victoria. Manfaat kesehatan dari manggis dikenal sejak abad ke-18 dan telah terbukti bahwa manfaat ini tidak hanya mitos. Ini adalah gudang nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan normal, perkembangan dan secara keseluruhan gizi kesejahteraan. Bagian yang berbeda dari buah dan tanaman yang digunakan dalam pengobatan berbagai penyakit dan gangguan. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan buah manggis.

1. Sebagai Antioksidan
Penelitian telah mengungkapkan bahwa manggis mengandung kelas senyawa alami polifenol dikenal sebagai xanthones. Ada dua jenis xanthones dalam buah ini yaitu alpha dan gamma. Xanthone dan turunannya telah terbukti memiliki beberapa manfaat, termasuk anti-inflamasi. Xanthone merupakan obat yang efektif terhadap berbagai penyakit kardiovaskular. Antioksidan ini memiliki sifat penyembuhan yang menyembuhkan sel yang rusak oleh radikal bebas, memperlambat penuaan dan menangkal penyakit degeneratif dan kerusakan fisik dan mental.

2. Rendah akan Kalori
Buah ini sangat rendah kalori (63 kalori per 100 g) dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Meskipun demikian, kaya akan serat makanan (100 g menyediakan sekitar 13% dari RDA), yang dapat berperan sangat penting bagi individu yang peduli tentang menempatkan pada berat badan berlebih.

3. Kaya Vitamin C
Manggis kaya akan vitamin C dan mengandung sekitar 12% RDA per 100g. Menjadi antioksidan yang kuat, vitamin C memberikan perlawanan terhadap flu seperti agen infeksi dan bahaya radikal bebas pro-inflamasi. Oleh karena itu konsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C sangat penting untuk mengembangkan resistensi terhadap penyakit. Folat berperan penting dalam perkembangan janin dan evolusi sel-sel baru dalam tubuh. Vitamin tertentu sangat penting selama kehamilan dan melindungi efek netral.

4. Mengurangi Kolesterol
Diet manggis sangat membantu dalam mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh manusia. Hal ini juga membantu untuk mengontrol tingkat trigliserida untuk mengurus kerja yang tepat dari hati manusia.

5. Tuberculosis
Buah manggis mengandung sifat antibakteri dan antijamur yang kuat selain sangat efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Tindakan efektif  untuk  menghambat terhadap bakteri berbahaya padak pasien yang menderita TBC.

6. Mencegah Kanker
Antioksidan yang ditemukan dalam buah manggis membantu mencegah kanker dan penyakit kardiovaskular lainnya. Ini adalah antioksidan yang kuat dan efektif yang melindungi tubuh kita dari radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif, atau "karat seluler" yang dapat menyebabkan sejumlah kondisi medis yang parah.

Nah itulah Sedikit bahasan beberapa kandungan dan manfaat manggis bagi kesehatan tubuh, semoga dengan membaca artikel ini dapat menjadi bahan referensi kepada pembaca semua, dan senantiasanya bermanfaat bagi Anda dan bagi Admin sendirinya. Wassalam

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com