Makanan Tinggi Kalsium Untuk Sertakan Dalam Diet Anda

Kalsium adalah nutrisi penting untuk membangun tulang dan gigi yang kuat. Peran Kalsium sangatlah  penting bagi manusia, antara lain bagi metabolisme tubuh, penghubung antar saraf, kerja jantung, dan pergerakan otot. Mempertahankan pembuluh darah yang sehat dan mengatur tekanan darah dan mencegah resistensi insulin yang mungkin dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Jangan khawatir jika Anda tidak toleran laktosa atau tidak suka rasa produk susu, karena, ternyata itu bukan satu-satunya sumber kalsium.


Makanan Tinggi Kalsium Untuk Sertakan Dalam Diet Anda
Kalsium juga dapat diperoleh dari beberapa jenis biji-bijian dan sayuran. Dibawah ini daftar makanan yang kaya akan kalsium yang Anda tidak boleh lewatkan dalam diet keseharian Anda.

1. Susu rendah lemak
Susu rendah lemak dikatakan mengandung setidaknya 31% dari kalsium per cangkir. Hal ini karena jenis susu lain seperti full cream mengandung lebih banyak lemak, dan kalsium tentu tidak ditemukan dalam lemak. Oleh karena itu, kalsium lebih terkonsentrasi di rendah lemak atau susu bebas lemak. Meskipun demikian, mengandung lebih sedikit kalori sehingga membantu manajemen berat badan yang sehat.

2. Keju
Produk susu yang lezat ini merupakan pesaing potensial ketika datang ke konten kalsium. Mirip dengan susu, rendah lemak atau keju non lemak biasanya dikemas dengan lebih banyak kalsium-setidaknya 31% untuk Parmesan rendah lemak dan 267 mg per ounce untuk mozzarella non fat. Adapun Cheddar dan keju Swiss, mengandung hampir nol laktosa yang cukup banyak membuat mereka baik ditoleransi.

3. Yogurt
Yogurt merupakan sumber kalsium, protein, kalium, mineral dan vitamin. Topping sebagai salah satu makanan yang paling bergizi dari semua, yogurt memainkan peran besar dalam menjaga keseimbangan bakteri dalam tubuh Anda, meningkatkan kekebalan tubuh Anda dan mencegah infeksi dan penyakit. Lemak yogurt berisi 49% kalsium dan 37% seperti yoghurt buah.

4. Sarden
Sarden adalah makanan yang kurang dihargai lain yang ternyata menjadi sumber kompatibel kalsium dan protein. Sarden memiliki lembut, tulang dimakan dan mudah dimasak. Tiga ons sarden dikemas minyak (yang setara dengan tujuh ikan utuh) menyediakan sekitar 320 mg kalsium, yang juga sama dengan 32% dari asupan harian yang direkomendasikan kalsium. 

5. Jeruk
Secangkir bagian pusar jeruk mentah mengandung hingga 80 mg kalsium, yang setara dengan 8% dari asupan kalsium harian yang direkomendasikan. Tidak hanya itu, kalsium penyerapan oleh tulang dari jus jeruk mirip dengan susu dan suplemen kalsium. Namun, karena keasaman yang tinggi, hal ini tidak dianjurkan bagi Anda untuk mengkonsumsi jeruk setiap hari karena dapat mengiritasi perut Anda.

6. Salmon
Dari merangsang sel-sel otak, untuk menjaga kesehatan jantung, salmon sebagai favorit masyarakat, khususnya di kalangan pemakan sehat. Tiga ons salmon melayani sekitar 180 mg kalsium, setengah kaleng salmon mengandung 260 mg kalsium.

7. Kacang merah
Jika Anda diet bebas susu, kacang merah mungkin merupakan sumber paling terpercaya untuk kalsium Anda. Sebuah 100 gram kacang merah dapat menyediakan Anda dengan 18% kalsium. Namun, dikatakan bahwa untuk mendapatkan hasil maksimal dari keluar kalsium dalam kacang merah, Anda harus terlebih dahulu merendam kacang merah semalam dalam air hangat.


Sekian artikel yang dapat kami rangkumkan tentang beberpa makanan yang kaya akan kalsium untuk sertakan diet keseharian. Semoga dengan membaca artikel diatas dapat bermanfaat bagi pembaca semua. Wassalam 

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com