Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan dan Pengobatan

Tags

Beberapa manfaat kesehatan dari bawang termasuk peran dalam mengurangi sejumlah penyakit termasuk pilek, asma, infeksi bakteri, masalah pernapasan, angina, dan batuk. Bawang juga dikenal untuk mengusir serangga haus darah. Dengan kata lain, Anda mungkin mengatakan bahwa bawang adalah hadiah yang benar baik dari alam, bahkan bawang juga kadang mampu membuat Anda menangis. 
Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan dan Pengobatan

Bawang telah diketahui memiliki nilai kuratif sejak zaman kuno. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bahwa bawang sangat bermanfaat bagi orang-orang yang nafsu makannya berkurang dan mereka yang menderita aterosklerosis. Para ahli kesehatan mengakui fakta bahwa bawang memberikan kelonggaran besar untuk pasien dengan asma kronis, bronkitis alergi, umum batuk yang berhubungan dengan dingin dan sindrom dingin.


Bawang yang memiliki klasifikasi ilmiah Allium cepa juga mengandung sejumlah senyawa antioksidan yang sangat efektif dalam menetralkan radikal bebas dalam tubuh manusia. Bawang telah digunakan selama ribuan tahun oleh manusia untuk tujuan pengobatan. Bawang telah menjadi salah satu tanaman pokok dalam diet manusia selama lebih dari 7.000 tahun, dan selama lebih dari waktu itu, bawang benar-benar dibudidayakan seperti di daerah-daerah tertentu di Asia, tetapi untuk sebagian besar, bawang adalah pabrik global tumbuh dan sangat dibudidayakan.

Beberapa manfaat dari bawang merah bagi kesehatan dan sebagai pengobatan yang paling terkenal adalah sebagai berikut:


1. Infeksi Gigi dan Mulut

Bawang sering digunakan untuk mencegah kerusakan gigi dan infeksi mulut. Mengunyah bawang mentah untuk 2 sampai 3 menit berpotensi dapat membunuh semua kuman yang ada di daerah mulut dan tempat-tempat sekitarnya seperti tenggorokan dan bibir.

2. Pengobatan Penyakit  Jantung 

Bawang bertindak sebagai antikoagulan, juga dikenal sebagai pengencer darah, yang pada gilirannya mencegah sel-sel darah merah dari pembentukan gumpalan dan pembekuan yang dapat menyebabkan gangguan jantung atau penyakit kardiovaskular.

3. Mengatur Kadar Gula Darah

Bawang mengandung kromium, yang merupakan mineral yang relatif. Khromium membantu tubuh mengatur kadar gula darah, pelepasan bertahap glukosa ke otot dan sel-sel tubuh. Oleh karena itu, makan bawang dapat membantu mengatur tingkat gula darah Anda, yang sangat penting bagi pasien diabetes.

4. Sebagai Insect Repellent

Anda dapat menerapkan jus bawang untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan dari sengatan serangga seperti lebah dan sejenisnya. Jus bawang atau pasta bawang dapat digunakan untuk aplikasi eksternal untuk gigitan serangga lain dan sengatan kalajengking juga. Bau bawang juga menyebabkan serangga untuk melarikan diri, yang intinya juga bawang dapat digunakan sebagai penolak serangga serta bentuk pengobatan sengatan.

5. Pencegahan Kanker

Bawang kaya akan senyawa aktif yang berhasil menghambat perkembangan dan penyebaran sel-sel kanker. Quercetin adalah senyawa antioksidan yang sangat kuat yang telah secara konsisten dikaitkan dengan pencegahan atau pengurangan penyebaran kanker, Bawang memiliki sejumlah besar quercetin, Vitamin C berfungsi juga sebagai antioksidan yang kuat, yang dapat mengurangi keberadaan dan dampak radikal bebas di seluruh tubuh. Radikal bebas adalah produk kimia sampingan sel metabolisme, dan mereka dapat menyebabkan sel-sel sehat untuk bermutasi menjadi sel kanker. Oleh karena itu, makanan kaya antioksidan, yang menetralisir radikal bebas, yang bermanfaat bagi siapa saja, karena setiap orang rentan terhadap serangan internal akibat oksidatif.

6. Menghilangkan sakit telinga

Beberapa tetes jus bawang benar-benar dapat terbukti sangat bermanfaat bagi individu yang menderita sakit telinga akut. Suara dering di telinga dapat disembuhkan dengan menerapkan jus bawang melalui sepotong kapas.

7. Pengobatan untuk Batuk

Mengkonsumsi campuran yang sama dari jus bawang dan madu dapat menghidupkan kembali sakit tenggorokan dan gejala batuk.

8. Membuat Kulit Bercahaya

jus bawang dicampur dengan madu atau minyak zaitun alternative pengobatan terbaik untuk mengobati gejala atau tanda-tanda jerawat. Bawang juga terkenal sayuran anti-inflamasi, sehingga senyawa aktif dalam bawang bisa mengurangi kemerahan dan pembengkakan yang umumnya terkait dengan kondisi kulit seperti jerawat. Hal ini juga membantu untuk mengurangi rasa sakit yang terkait dan peradangan kondisi seperti gout dan arthritis.

Sekian Artikel tentang beberapa manfaat dari bawang merah bagi kesehatan dan pengobatan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua dan mudahan bisa menjadi solusi bagi Anda dalam menerapkan sebagai ramuan herbal dalam kasus penyakit seperti yang dijelaskan diatas. Wassalam 


Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com