Hindari Cedera Saat Olahraga Dengan Beberapa Cara

Olahraga merupakan suatu aktivitas fisik yang sering dilakukan orang demi mencapai tingkat kebugaran atau tingkat kesehatan tubuh seseorang. Namun ketika olahraga tersebut bila dilakukan dengan salah maka akan berakibat fatal dan bisa berisiko cedera. Cedera merupakan suatu kondisi di mana kondisi itu dapat menghentikan Anda dari mencapai tujuan kebugaran  dalam kehidupan Anda. Berbicara masalah cedera bahwa ia tidak peduli apakah Anda seorang pemula dalam memulainya ataukah Anda seorang yang telah berpengalaman dalam hal melakukannya, maka tidak ada seorang pun yang kebal dan bisa bersembunyi terhadap cedera.

Hindari Cedera Saat Olahraga Dengan Beberapa Cara

Oleh karena itu meskipun kita tidak mungkin dan sanggup  untuk sepenuhnya menghindari dari kapan kita akan berhadapan cedera tersebut, maka Anda dapat mengurangi risiko cedera dengan beberapa langkah dan pastinya dibutuhkan usaha dan persiapan awal demi mencegah agar kondisi itu terhindar dari dalam hidup Anda.

Berikut tips untuk mengurangi kemungkinan cedera yang harus kita perhatikan saat berolahraga :

1. Mengetahui Tingkat Kekuatan
Kebanyakan kasus yang dialami cedera pada seseorang terjadi disebabkan karena mereka salah dalam melakukan olahraga, artinya orang-orang melakukan latihan melampaui tingkat kekuatan mereka. Jika Anda seorang pemula, maka mulailah dengan latihan sederhana dulu kemudian biasakan sedikit demi sedikit untuk maju untuk ketahapan yang lebihnya.

Hal Ini lebih aman bagi seseorang yang kelebihan akan  berat badan untuk memulai dengan latihan dampak rendah seperti berjalan, kemudian berlari, dan kemudian mulai melakukan latihan kekuatan setelah mereka menjadi fit.

2. Lakukan Selalu Pemanasan
Melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga memang sangat dianjurkan, dikarenakan denagan melakukan Pemanasan darah dapat mengalir secara merata melalui otot otot yang terdapat pada tubuh. Perhatikan bahwa satu menit pemanasan tidak cukup untuk mencegah cedera. Pemanasan selama 5-10 menit untuk memastikan semua otot yang terlibat dalam latihan bisa diaktifkan dan efeknya pun sangat efektif bagi Anda. Untuk melakukan pemanasan sebenarnya sangat banyak hal yang bisa anda lakukan, salah satunya termasuk lompat tali, berjalan di tempat, meloncat-loncat dan lain sebagainya.

3. Mempelajari  Bentuk yang Tepat
Proses Melakukan latihan dengan baik dan benar tidak hanya akan mengurangi risiko cedera, namun juga akan membuat latihan lebih bermanfaat dan sempurna. Sebenarnya kita tidak butuh waktu yang sangat lama untuk menguasai bentuk yang tepat,  maka belajar dengan penuh keyakinan Insya Allah dalam waktu yang singkat kita akan sanggup menguasai semua hal hal yang tepat dalam melakukan rutinitas olahraga.

4. Kenakan Pakaian yang Tepat
kelengkapan dalam melakukan olahraga merupakan suatu cara yang sangat baik demi kenyamanan dalam melakukan olahraga. Anda mungkin tidak memerlukan pakaian khusus jika Anda melakukan latihan berat badan di rumah. Tetapi jika Anda seorang pelari, Anda perlu hak sepatu lari atau helm jika Anda bersepeda. Dengan hal ini maka suasana dan kondisi Anda akan tetap terjaga dan Aman dari resiko timbulnya cedera.

5. Minum Air yang Cukup
Olahraga yang diforsir tanpa konsumsi minum air yang cukup akan membuat otot menjadi mudah keram. Nah sebelum anda melakukan olahraga maka sebaiknya harus minum air sesuai kadar tubuh demi menstabilkan tubuh Anda agar selalu fit.

Sekian artikel tentang cara menghindari cedera disaat sedang melakukan olahraga, semoga dengan membaca artikel ini kiranya bisa menjadi referensi dan bahan tambah bagi Anda semua. Wassalam

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com