Kupas Khasiat Dibalik Buah Kurma Bagi Kesehatan

Tags

Kurma merupakan tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix yang memiliki buah yang rasanya seperti manisan dan dapat dimakan. Bentuk buahnya lonjong-silinder dengan panjang 3-7 cm, berdiameter 2-3 cm dan ketika masih muda warnanya merah cerah ke kuning terang, tergantung dari jenisnya. Kurma merupakan sumber yang baik dari berbagai vitamin dan kaya akan mineral, serat, kalsium, zat besi, fosfor, natrium, kalium, magnesium dan zinc. Hal ini juga mengandung vitamin seperti thiamin, riboflavin, niacin, folat, vitamin A dan vitamin K.

Selain Rasanya yang begitu nikmat dan manis, buah kurma sebenarnya menyimpan sejuta vegetarian manfaat untuk kesehatan,  Seperti sembelit, gangguan usus, masalah jantung, anemia, diare, kanker perut, dan manfaat lainnya. 

Beberapa Khasiat untuk kesehatan :

1. Meringankan Gejala Sembelit
Kurma sering dikategorikan sebagai makanan pencahar. Inilah sebabnya mengapa kurma yang begitu sering dimakan oleh orang yang menderita sembelit. Kurma  memiliki tingkat serat larut yang penting dalam mempromosikan gerakan usus yang sehat dan perjalanan yang nyaman dari makanan melalui saluran usus yang dapat meringankan gejala sembelit.

2. Kesehatan Tulang dan Kekuatan
Jumlah yang signifikan dari mineral yang ditemukan pada kurma membuat kurma menjadi makanan super untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit seperti melemahkan penyakit seperti osteoporosis. Kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium, yang semuanya merupakan bagian integral dari pembangunan tulang yang sehat dan kuat.

3. Menyembuhkan Gangguan usus
Kandungan nikotin pada kurma yang dianggap sangatlah bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis gangguan usus. asupan terus menerus buah kurma dapat membantu untuk menghambat pertumbuhan organisme patologis, dan dengan demikian  kurma membantu merangsang pertumbuhan bakteri  bersahabat dalam usus. 

4. Sistem Kesehatan Saraf
Vitamin yang terdapat  pada kurma dapat membuat dorongan yang ideal untuk kesehatan sistem saraf dan fungsinya. Kalium adalah salah satu bahan utama dalam mempromosikan sistem saraf yang sehat dan responsif, dan juga meningkatkan kecepatan dan kesigapan aktivitas otak. Oleh karena itu, kurma merupakan sumber makanan yang indah bagi orang-orang ketika mereka mulai berusia dan sistem saraf mereka lamban atau tidak didukung, serta bagi orang-orang yang ingin menjaga pikiran mereka yang tajam.

5. Menjaga Kesehatan jantung
Kurma sangat membantu dalam menjaga jantung Anda sehat. Kurma juga merupakan sumber yang kaya kalium, yang dalam sebuah penelitian telah terbukti  konsumsi kurma dapat mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung. Selain itu, kurma juga disarankan sebagai cara yang sehat dan lezat untuk mengurangi kadar kolesterol LDL dalam tubuh, yang merupakan serangan faktor yang berkontribusi besar penyakit jantung  dan stroke.

Sekian diatas artikel tentang kandungan nutrisi kurma dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh, semoga dengan membaca artikel ini sudikiranya dapat menjadi bahan referensi kepada pembaca semua dan kepada admin sendirinya. Sekian & Terimaksih

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com