Aturan Dasar Membentuk Pola Makan Yang Sehat

Memiliki kebiasaan makan makanan yang sehat yang menyehatkan tentu menjadi salah satu keinginan banyak orang. Akan tetapi kita kalanya seringkali mendapatkan berbagai tantangan besar dalam melakukannya, salah satunya disebabkan oleh begitu banyak godaan-godaan yang menghampiri kita baik dalam rumah ataupun dari luar rumah. Apalagi bagi mereka yang suka jajan, membuat perubahan dalam pola makanan itu mudah dan cepat, berikut penjelasan singkatnya mengenai aturan dasar untuk membentuk pola makan sehat :

Aturan Dasar Membentuk Pola Makan Yang Sehat

Aturan Dasar Membentuk Pola Makan Yang Sehat:

1. Jangan Melakukan Perubahan secara Dratis
Kebiasaan memang cukup susah untuk dihilangkan, apalagi jika bersama dengan teman teman. Untuk dapat merubah pola makan, sebaiknya jangan dilakukan secara dratis, artinya jangan langsung mogok jajan atau mogok makan. Hal ini juga akan membuat kita tersiksa bukan? Cara yang tepat adalah dengan membuat satu demi satu keputusan untuk menghindari makanan tertentu atau mengurangi porsi jajan tertentu, lalu mematuhinya.

Cukuplah membuat satu komitmen dulu, yang penting komitmen dipatuhi dan bisa konsisten dengannya. Sering berjalannya waktu, konsistensi tersebut akan membuat kita merasa percaya diri dan kita akan merasa yakin untuk bisa melakukannya. Dari sini rasa percaya diri akan bertambah, dan keputusan keputusan baru yang lebih besar pun bisa terwujud.

2. Carilah Makanan Pengganti tapi Menyehatkan
Untuk meninggalkan makanan yang enak tapi kurang menyehatkan, maka kita harus mencari alternatif yang lain. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk mengubah pola makanan , maka putuskan juga alternatif pengganti makanan yang dihindari sejak awal. Misalkan mengganti kopi dengan susu, kedelai dengan sekedar air putih biasa.

Untuk jenis makanan yang ditinggalkan pertama sekali adalah makanan makanan gorengan berlemak dan makanan yang mengandung banyak gula ( donat, cola, permen ) dan junk food. Kita tidak harus meninggalkan makanan tersebut secara total dan barengan, melainkan dapat dilakukan secara bertahap.

3. Selalu Memerhatikan Porsi makanan
porsi makan sangat menentukan keberhasilan dalam mengubah pola makan. Jangan penuhi piring dengan nasi dan lauk, makan empat atau lima kali dalam sehari sebvelum pukul 19.30 dengan porsi sedang. Hal tersebut lebih aman dari pada makan dua  atau tiga kali tapi dengan porsi jumbo pada masing-masing nya,  bila kita menggunakan cara ini, maka makanan yang kita makan hanya kita timbun kan saja didalam perut. Dan jangan lupa juga untuk memerhatikan kandungan Gizinya.

Itulah sedikit bahasan artikel mengenai aturan dasar membentuk pola makan yang sehat dalam keseharian kita yang bertujuan demi mewujudkan hidup sehat sederhana dengan mengatur pola makan serta hidup akan lebih indah. Sekian & Terimaksih

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com