Bunga Ashar Atau Disebut Dengan Mirabilis Jalapa

Tags

Bunga Ashar memiliki nama ilmiah Mirabilis Jalapa yang termasuk kedalam bangsa Caryophyllales ( centrospermae ) suku Nyntaginaceae. Tanaman ini memiliki struktur yang tegak dan bercabang kuat dengan akar tunggang berbentuk umbi yang dapat mencapai ketinggian antara 0.5 hingga 0.8 meter. Batang tegaknya membesar pada ruas berwarna hijau dan ujungnya berambut. Daun bunga Ashar berhadapan, bertangkai dan berbentuk bulat telur segitiga mengkilap dan ujungnya runcing serta bercabang lebar. Panjang daunnya antara 0.5 sampai 5 cm dengan tangkainya berukuran 2 mm hingga 4 mm.

Bunga Ashar Atau  Disebut  Dengan Mirabilis Jalapa

Bunga Ashar berjejal di ujung pada pekarangan bunga yang bercabang dan lebar yang memiliki khas warna merah, kuning, putih, orange dan ungu. Bunga ini mekar pada sore hari yaitu antara pukul 16.00 sampai pukul 18.00 inilah sebabnya bunga ini disebut karena disebut bunga Ashar. Dipagi hari bunga ini juga biasanya mekar antara pukul 06.00 hingga pukul 08.00 dan memiliki aroma yang khas disaat bunga ini mekar.

Buah tanaman ini saat muda berbentuk semi bulat, berusuk, dan berlipat-lipat. Buahnya memanjang dan berwarna hijau dan berubah menjadi hitam setelah buahnya tua. Buah Ashar memiliki buah  yang panjang lebih kurang 8 mm dan memiliki kulit buah yang keras tampak berkerut kerut dan didalamnya terdapat biji yang penuh dengan tepung.

Tanaman ini berasal dari Amerika selatan, yang biasanya tumbuh di dataran rendah sampai tinggi. Biasanya bunga Ashar yang tumbuhnya di dataran rendah akan lebih cepat berbunga ketimbang dari yang tumbuh di dataran tinggi dan bunga yang dihasilkan dari dataran tinggi bunganya memiliki warna yang begitu cerah dibandingkan dengan bunga yang tumbuh di dataran rendah. Tumbuhan ini idealnya tumbuh di atas tanah gembur dengan kadar keasaman mencapai angka 6. Selain tumbuh di Indonesia bunga ini juga dapat ditemukan di India dan Malaysia.

Itulah sekilas penjelasan mengenai bentuk dan corak bunga Ashar yang mempunyai keunikan tersendiri yaitu mekar nya bunga ini di sore hari antara pukul 16.00, inilah sebabnya bunga ini disebut bunga Ashar. Sekian & Terimakasih 

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com