Bunga Seroja Atau Disebut Dengan Nelumbo Nucifera

Tags

Bunga Seroja ( Nelumbo Nucifera ) merupakan tumbuhan yang sering digunakan sebagai pemanfatan untuk salah satu tumbuhan hias. Tak heran jika jenis tumbuhan ini banyak ditemukan dan dijumpai khususnya di perairan. Berbeda dengan teratai, tumbuhan seroja memiliki tangkai tangkai bunga yang panjang dengan bagian bunga yang letaknya mencuat jauh diatas permukaan air. Ciri lain daru dari seroja dapat dilihat dari ujung tangkai daunnya yang terletak dibagian tengah, sehingga helai daun nya berbentuk seperti perisai.

Bunga Seroja Atau Disebut Dengan Nelumbo Nucifera

Nama ilmiah dari tumbuhan ini adalah Nelumbo Nucifera. Seroja yang indah merupakan tanaman hias air yang banyak disenangi oleh pencinta tanaman hias terutama yang menganut agama Budha. Bagi umat Budha, filosophi bunga ini adalah penampakan bunganya yang mekar, yang menggambarkan suatu perjalanan hidup inkarnasi manusia.

Seroja memiliki akar yang sangat kuat yang melekat di lumpur kolam, danau, atau perairan dangkal. Walaupun air yang tempatnya tumbuh tanaman ini aga keruh dan berlumpur namun bunga yang muncul dari tanaman ini tetap bersih. Seroja memiliki perhiasan bunga yang banyak, mahkotanya berwarna merah muda dan mekar pada pagi hari serta menutup pada saat sore hari. Bagian tengah yang menyurapai biji sebenarnya merupakan buah buah yang terbenam didasar bunga yang berbentuk seperti mangkuk.

Buah yang dihasilkan dari tumbuhan ini juga dapat dimakan mentah maupun dimasak terlebih dahulu. Disamping itu tak hanya sekedar tumbuhan hias, dan dibalik keindahan nya seroja juga menyimpan manfaat sebagai kesehatan yang dihasilkan dari bunga dan biji nya. Kandungan bunga seroja mengandung senyawa kimia yang sangat berguna bagi tubuh, sedangkan pada biji bunga seroja memiliki kandungan protein, kalsium dan fosfor serta rimpang bunga ini kaya akan vitamin C yang sangat baik sebagai kesehatan tubuh.

Nah itulah sekilas mengenai tumbuhan seroja. Tumbuhan ini selain berguna sebagai tumbuhan hias juga sangat berguna bagi kesehatan, bunga yang indah serta biji bunga ini memiliki kandungan beberapa nutrisi penting yang tentunya berguna untuk kesehatan. Sekian & Terimakasih 

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com