Dianggap Tumbuhan Liar Ternyata Menyimpan Sejuta Khasiat

Tags

Tumbuhan ini kebanyakan tumbuh didareh terbuka  seperti perkebunan atau perkarangan yang terbuka. Bentuk dari tanaman ini mempunyai ketinggian di bwah 0.5 meter dari tanah yang kurang subur. “itulah tumbuhan sidaguri”.  Tumbuhan sidagori merupakan tanaman liar yang juga tidak kurang khasiatnya sebagai ramuan pengobatan. Tanaman ini berbentuk tegak dan mempunyai banyak cabang  pada batang dibagian dekat dengan tanah, berkayu dan sangat kokoh. Daunnya bundar dan bergerigi tumpul pada kedua sisinya dan juga pada ujungnya.
 

Dianggap Tumbuhan Liar Ternyata Menyimpan Sejuta Khasiat

Tumbuhan ini mempunyai bunga yang warnanya kuning dengan tangkai yang panjang dan bunganya tumbuh pada ketiak daunya. Tak heran jika tanaman ini sangat kaya akan khasiat dan manfaatnya terutama sekali dalam segi pengobatan. Manfaat yang diberikan oleg tanaman sidaguri ini salah satunya dari daunya, biasanya daun dari sidaguri ini digunakan sebagai tapel untuk ramuan sebagai penawar sakit kepala. 

Nah untuk caranya cukup petikan daun sidaguri tersebut beberapa lembar  kemudian diremas dan dicampurkan dengan beberapa tetes air dan hasil remasan dari daun sidaguri tersebut langsung siap ditempelkan pada kepala yang terasa sakit. Tak hanya itu, rebusan daun sidaguri juga berkhasiat sebagai ramuan untuk obat batuk, dan salah satunya juga bisa atasi solusi melancarkan air seni. Dan rebusan akar sidaguri juga sangat ampuh untuk menurunkan demam.  

Selain dari akar dan daun sidaguri, ternyata biji sidaguri pun tak kalah khasiatnya juga sebagai obat batuk, caranya petik beberapa helai daun sidagori dan akar juga bijinya, lalu kesemua itu di cuci hingga benar benar bersih, setelah itu direbus dengan 3 gelas air biarkan mendidih hingga airnya mencapai kadar yang tersisa hanya 2 gelas. Setelah prosesnya selesai maka saringlah air dari hasil rebusan ke tiga bahan tadi dan siap diminum dua kali sehari disaat pagi dan sore hari setelah sarapan.

Nah itulah khasiat dari tanaman liar sidaguri yang begitu menakjubkan sebagai pengobatan. Semoga dengan membaca artikel ini kiranya dapat bermanfaat bagi Anda pembaca semua. Wassalam 

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com