Jawer Kotok Sebagai Alternatif Pengobatan Alami

Tags

Jawer kotok ( Coleus Scutellariodes Bth )  merupakan jenis tumbuhan semak yang tumbuh tegak dan batang nya berbetuk segi empat, akan tetapi alurnya agak dalam pada ke empat sisinya.  Tumbuhan jawer koto ini dapat tumbuh dengan sendirinya dan biasanya dapat dijumpai di persemak kebanyakan terdapat dalam hutan. Bentuk tumbuhan ini biasanya dapat mencapai ketinggian 1.5 meter dan mempunyai bulu yang terdapat di sekeliling batangnya. Jawer kotok memiliki daun yang berbentuk lonjong hingga bundar memanjang, sisi daun yang bergerigi tumpul tumpul dan terkadang bergelombang dan ada juga bergerigi panjang.

Jawer Kotok Sebagai Alternatif Pengobatan Alami

Bunga yang dihasilkan oleh tumbuhan ini biasanya berwarna ungu yang tersusun dalam malai yang terdapat pada ujung-ujung tangkainya.  Jenis tumbuhan ini memiliki corak yang beraneka ragam. Karena keindahan warna yang ada pada daunnya tumbuhan ini kerap sekali juga digunakan sebagai salah satu jenis tanaman hias seperti ditanam pada pekarangan terbuka di pekarangan rumah.

Selain dari itu, tumbuhan jawer kotok ini juga menyimpan khasiat yang jarang diketahui, salah satunya tumbuhan ini bisa dijadikan sebagai obat. Jawer kotok mempunyai bentuk daun dan batang yang berwarna merah hati dan kehitaman, dengan sisi daun yang bergerigi dan memiliki buah dan biji juga. Untuk membudidayakan tumbuhan jenis ini biasanya dengan melakukan stek batang. Jawer kotok dapat tumbuh subur pada tanah lembab dan terbuka. Tak heran jika tumbuhan ini juga menyimpan sejuta khasiat yang menakjubkan sebagai ramuan pengobatan.

Salah satu manfaat yang diberikan oleh tumbuhan ini yaitu dari daunnya. Daun yang masih segar yang dioleskan dengan minyak kelapa dan dipanaskan diatas api hingga layu dapat digunakan sebagai penutup menutup bisul agar cepat pecah.  Selain itu air perasan dari daun jawer kotok ini tentunya daun yang masih muda dan segar berguna sebagai obat tetes untuk alternatif sakit telinga atau sebgai obat anti septik pada saat memotong tali pusar bayi. Nah air rebusan daun tumbuhan ini jika dimunum juga sangat berguna sebagai manfaat  untuk  mengobati penyakit wasir, batu ginjal, dan alternatif obat cacingan, dan seduhan akar tumbuhan ini juga dapat berhasiat sebagai obat diare.

Itulah sekilas mengenai tumbuhan jawer kotok, ternyata selain pemanfaatan nya sebgai tanaman hias, tumbuhan jawer kotok ini menyimpan beribu macam khasiat tentunya sebagai bahan alternatif dalam pengobatan, dari daun, batang, dan biji hingga ke akarnya tumbuhan ini dapat dimanfatkan sebagai bahan alternatif ramuan herbal. Sekian & Terimaksih

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com