Kegunaan Sumber Makanan Bagi Tubuh Manusia

Setiap hari, tentu saja manusia butuh makan. Seberapa banyak kegiatan manusia yang bersangkutan dengan makan, tentu akan panjang sekali daftarnya bukan? Namun dari kegiatan makan tersebut akan muncul pertanyaan “apakah makanan itu sehat?” Tentu saja jawabannya beragam sekali, tergantung dari tingkat pengetahuan gizi dan kesadaran orang tersebut. Untuk itu perlu kiranya pengetahuan akan gizi agar dapat diterapkan dalam keseharian. Dengan penyediaan makan yang sehat dalam keluarga, maka kondisi setiap anggota keluarga akan lebih aman dan terjamin. Kondisi tubuh yang baik akan akan mendukung mereka untuk berprestasi. Dengan demikian, penyediaan makanan sehat sangatlah penting untuk mendukung kesuksesan masing-masing anggota keluarga.

Kegunaan Sumber Makanan Bagi Tubuh Manusia

Apakah kegunaan makanan bagi tubuh kita ? kita tahu bahwa, kita dapat bergerak sebagaimana mesti nya makhluk hidup lainya. Untuk mendapatkan suatu gerakan maka kita memerlukan gaya, dorongan serta tarik. Dengan tanpa energi tidaklah mungkin akan menghasilkan gaya, tarik atau dorong. Energi adalah suatu kemampuan untuk melakukan usaha kerja, jadi untuk dapat bergerak kita harus mempunyai energi yang menghasilkan gaya. Selain energi tubuh juga berperan penting terhadap bahan bakar, nah bahan bakar yang kita gunakan dalam tubuh berasal dari makanan yang kita makan. Pembakaran tubuh disebut “Oksidasi Biologis”. Oksidasis ini menghasilkan energi yang kita perlukan untuk melakukan semua kegiatan hidup. Selain itu, Oksidasis biologis juga menghasilkan kalor yang memelihara suhu tubuh agar tetap stabil.

Selain dari itu, tubuh manusia juga mensintesa bahan-bahan kimia lainnya yang diperlukan untuk mencerna bahan makanan. Senyawa kimia lainnya dibuat untuk mengatur percepatan penggunaan bahan nilai dalam oksidasis biologis seperti percepatan denyut jantung, kontrasi otot-otot, dan lain sebagainya. Tubuh manusia dibangun lebih kurang satu juta milyar sel-sel, semua sel tersebut harus bekerja sama , dan untuk menjamin bahwa sel-sel tersebut saling bekerja sama dengan sempurna maka tubuh harus mempunyai pekerjaan yang dapat melaksanakan tugasnya masing-masing, pekerjaan itu adalah senyawa kimia yang dibuat oleh protoplasma dari bahan makanan. 

Itulah sedikit bahasan tentang pentingnya makan  dan kegunaan makanan bagi tubuh kita yang salah satunya sebagai sumber energi, sehingga tubuh dapat bekerja sesuai dengan optimal. Namun kesemua itu juga tidak terlepas dari makanan yang kita konsumsi apakah makanan tersebut sehat atau tidak. penyedian makan sehat  tentu akan menciptkan individu atau kelurga yang sehat serta akan mebawa kesuksesan bagi setiap individu dan keluarga sehingga hidup akan lebih terjamin. Sekian & Terimakasih

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com