Manfaat dan Khasiat Belimbing Manis Sebagai Pengobatan

Tags

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini, pastinya buah yang satu ini juga sudah tidak asing lagi dalam kehidupan keseharian kita bukan. Kalau sedang musimnya, buah ini sering di temukan di pasar atau di warung-warung sepanjang pinggiran jalan. Nama istilah buah ini disebut "Averrhoa Carambala "atau disebut belimbing manis. Pohon belimbing manis tingginya hanya mencapai sekitar 10 meter dengan batang yang tidak begitu besar dan mempunyai garis tengah hanya sekitar 30 cm. pohon ini biasanya ditanam sebagai pohon buah kadang ada juga yang tumbuh liar dan biasanya ditemukan didataran rendah hingga sampai 500 meter diatas permukaan laut.

Manfaat dan Khasiat Belimbing Manis Sebagai Pengobatan

Pohon yang berasal dari Amerika tropis ini menghendaki tempat tumbuh tidak ternaungi dan cukup lembab. Pohon belimbing manis ini salah satunya mempunyai ciri khas dengan batang yang kasar dan berbenjol-benjol percabangan yang sedikit, arahnya condong keatas. Ketika cabang nya masih muda, maka akan terdapat rambut halus seperti beludru dan memiliki warna dengan coklat muda.  Pohon belimbing manis ini mempunyai daun yang majemuk menyirip ganjil dengan 21 sampai 45 pasang anak daun.  Anak daunnya bertangkai pendek bentuknya bulat telur sampai jorong, ujung runcing, pangkal membundar panjang 2 sampai 10 cm yang warnanya hijau.

Pohon belimbing manis juga memiliki bunga, bunganya berupa malai, dan berkelompok yang keluar dari batang atau percabangan yang besar, ketika bungannya masih kecil-kecil maka akan terlihat bentuknya seperti bintang yang berwarna ungu hingga kemerahan. Buahnya buah buni bentuknya bulat lonjong bersegi panjang 4 hingga 6 cm berwarna hijau ketika masih muda dan akan tampak kekuningan ketika sudah masak,  rasa buah nya bervarian ada yang asam dan manis. Keanka ragaman khasiat buah ini biasanya digunakan sebagai : Sirup penyegar, bahan penyedap masakan, membersihkan noda pada kain, mengkilap bahan-bahan yang terbuat dari kuningan, mebersihkan tangan yang kotor karena buahnya mengandung air, dan sebgai bahan obat tradisional. Pembudidayaan tanaman ini biasanya dengan biji atau percangkokan.

Selain manfaat nya seperti yang disebutkan diatas selain dijadikan jus seperti sirup, bahan penyedap maskan dan lainya, dan ternyata belimbimbing manis juga sangat berkhasiat sebagai  alternatif obat herbal alami, pemanfatan sebagai obat herbal biasanya yang digunakan berupa bunga, dan buahnya sebagai penyembuhan berbagai jenis penyakit seperti : Batuk, sariawan (stomatitis), gondongan (paotitis), rematik, gusi berdarah, tekanan darah tinggi (hipertensis), dan sakit gigi berlubang.

Itulah sedikit ulasan mengenai tumbuhan belimbimbing manis serta berbagai aneka manfaat dan khasiatnya seperti yang telah kami ulas diatas, semoga dengan membaca artikel ini kiranya dapat menambah pengetahuan kepada kita semua. Sekian & Terimakasih

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com