Pola Hidup Sehat Sebagai Dasar Kesehatan Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang paling berbahaya dan paling memantikan. Menurut American Heart Association (AHA), kebanyaknya orang meninggal dunia salah satunya disebabkan oleh penyakit jantung. Untuk mengurangi dan resikonya penyakit jantung bagi kehidupan Anda maka tentunya ada cara sederhana yang bisa kita tingkatkan dalam hidup, salah satunya dengan mengatur pola dan gaya hidup yang sehat serta memperhatikan makanan yang sehat.

Pola Hidup Sehat Sebagai Dasar Kesehatan Jantung

Untuk menciptakan jantung yang sehat tentunya  mencakup dengan pola dan berbagai macam makanan yang bergizi, beberapa di antaranya Anda mungkin sudah menikmat didalam keseharian Anda. American Heart Association merekomendasikan  bahwa  agar selalu mengambil langkah-langkah diet untuk mendapatkan keuntungan kesehatan jantung  jangka panjang bagi kehidupan Anda.

Untuk Pola diet sehat, pastikan untuk menyertakan:

Buah-buahan dan sayur-sayuran
Biji-bijian
Produk susu rendah lemak
Unggas, ikan, dan kacang-kacangan
Jumlah terbatas seperti daging merah dan makanan manis dan minuman

1. Kalsium dan Penyakit Jantung
hubungan antara kalsium dan penyakit kardiovaskular tidak jelas. American Heart Association menekankan bahwa tidak ada informasi yang cukup untuk menentukan apakah asupan kalsium mempengaruhi risiko penyakit jantung.

Meskipun ketidakpastian kalsium dan penyakit jantung, satu hal yang jelasbahwa  konsumsi produk susu bebas lemak dan rendah lemak  bersama dengan  lebih banyak buah dan sayuran per hari, membantu untuk tekanan darah lebih rendah.

American Heart Association menekankan pentingnya bagi perempuan untuk mengkonsumsi produk susu bebas lemak dan rendah lemak. Kebanyakan wanita harus mengkonsumsi antara 1.000 dan 2.000 miligram kalsium setiap hari. The Mayo Clinic mencatat bahwa beberapa orang dapat mengambil manfaat dari suplemen kalsium juga. Pria di atas usia 50 harus mengkonsumsi dalam kisaran 1.000 hingga 2.000 miligram per hari dan 1.000 untuk 2.500 miligram per hari untuk pria di bawah 50.

2. Gula dan Penyakit Jantung
Gula merupakan salah satu pemanis yang kita konsumsi tiap harinya, tanpa hari kita tanpa konsumsi gula.  Konsumsi gula efeknya pada resiko kesehatan jantung. American Heart Association mencatat bahwa kenaikan obesitas dan penyakit kardiovaskular telah meningkatkan kekhawatiran tentang asupan gula yang tinggi. Pernyataan mereka menyimpulkan bahwa, untuk mengurangi risiko kardiovaskular tetap menjaga berat badan yang sehat dan memenuhi kebutuhan nutrisi

3. Kafein dan Penyakit Jantung
Kafein adalah stimulan sistem saraf pusat, kafein kebanyakan ditemukan dalam makanan dan minuman, termasuk kopi, teh, minuman ringan, dan cokelat. The Mayo Clinic mencatat bahwa sementara studi telah menemukan ada hubungan yang pasti antara minum kopi dan peningkatan risiko penyakit jantung, penelitian tidak menunjukkan risiko yang mungkin. Studi menunjukkan bahwa konsumsi kopi  dengan tinggi tanpa filter dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol.

Makan sehat, diet rendah lemak yang meliputi buah-buahan dan sayuran, protein tanpa lemak, dan biji-bijian dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda baik sekarang dan di masa depan. Sayangi jantung Anda dengan mengatur pola dan gaya hidup yang sehat. Wassalam

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com