Sekilas Tentang Bunga Waru Serta Khasiat Daunnya

Tags

Bunga waru nama ilmiahnya adalah Hibiscus Tiliaceus yaitu Jenis tumbuhan yang termasuk kedalam suku Malvaceae. Bunga waru umumnya tumbuh di sepanjang wilayah pantai negara-negara tropis . Tumbuhan waru tingginya mencapai antara 5 hiingga 14 meter dan kadang sering dijumpai juga dengan tumbuh liar di sepanjang daerah pantai dan bukit-bukit berbatu dan ada kalanya di sepanjang jalan hingga hutan-hutan dan di bergai tempat semak belukar lainnya. Tumbuhan ini memiliki daun tunggal dan helainya mempunyai petioles yang memiliki panjang 4 sampai dengan 12 cm.

Sekilas Tentang Bunga Waru Serta Khasiat Daunnya

Tumbuhan waru juga memiliki bunga yang berwarna kuning dan biasanya mekar di waktu pagi atau siang hari. Keindahan  dan keunikan pada bunga ini yaitu berbunga sepanjang tahun. Di balik dari itu di setiap bunga menghasilkan satu buah yang panjang buahnya mencapai antara 2.3 sampai 3 cm dan berisi biji yang di tutupi oleh bulu-bulu kecil yang pendek.

Banyaknya manfaat dan khasiat yang tersimpan di balik tumbuhan ini, salah satunya kebanyakan orang juga memanfaatkan tumbuhan waru ini sebagai salah satu pohon pelindung di sepanjang jalan dan sebgai sumber kayu. Disamping itu tumbuhan waru ini secara tradisional tumbuhan ini akar dan daunnya juga dipercaya memiliki khasiat sebagai bahan obatan alami antara lain untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Khasiat daun waru sebagai pengobatan :
Menyembuhkan batuk dan membantu dalam mengeluarkan dahak, Menyembuhkan wasir atau ambeien pada anak, Sebagai anti-piretik yang ampuh untuk menurunkan demam atau panas, Mempercepat penuaan atau pematangan bisul, Mengembalikan kelebatan rambut serta menyuburkan rambut, Meringakan sesak nafas atau asma, Menyembuhkan berak lendir dan berdarah pada anak, Ampuh mengatasi radang amandel (tonsilitis), Mempermudah dan melancarkan haid yang tidak teratur dan lain sebagainya.

Selain sebagai bahan herbal alami untuk pengobatan, daun waru yang lebar juga kebanyakan dipakai untuk membungkus makanan, serta kayunya yang kuat yang memiliki elastisitas biasanya dipakai oleh para nelayan untuk membuat nyaring.

Nah itulah sekilas pembahasan mengenai tumbuhan bunga waru serta manfaat dan khasiat yang terdapat pada tumbuhan tersebut, semoga dengan membaca sekilas artikel ini kiranya dapat menambah wawasan dan pengetahuan kepada kita semua, akhir kata sekian & terimakasih. Wassalam


Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com