Sekilas Tentang Tumbuhan Kubis Serta Khasiatnya

Tags

Kubis merupakan jenis tumbuhan sayur yang sering sekali dikonsumsi orang untuk melengkapi  berbagai jenis kebutuhan dalam keseharian mereka. Sayuran ini merupakan salah satu sumber terkaya vitamin C, K, E, A, dan asam folat, serta memiliki tingkat signifikan belerang, kalsium, zat besi, kalium, dan magnesium. Keluarga kubis memiliki jenis yang cukup banyak. Tanaman yang lazim ditanam di Indonesia antara lain kubis, kubis bunga, brokoli, kubis tunas, kubis rabi dan kale. Jenis kubis ini di duga dari kubis liar Brassica oleracea var sylvestris yang tumbuh di sepanjang pantai Laut Tengah, pantai Inggris, Denmark dan sebelah Utara Prancis Barat. Kubis liar tersebut ada yang tumbuh sebagai tanaman bienial dan ada juga yang parenial.

Sekilas Tentang Tumbuhan Kubis Serta Khasiatnya

Kubis yang telah dibudidayakan di buat menjadi tanaman annual. Untuk memperoleh bijinya, kubis tersebut dibiarkan tumbuh sebagaiu tanaman bienial. Sayuran ini dapat di tanam di dataran rendah maupun di dataran tinggi dengan curah hujan rata-rata 850-900 mm. Kubis yang memiliki daun yang bulat, oval sampai juga ada yang lonjong yang membentuk antara roset akar yang besar dan tebal dan memiliki warna daun yang bermacam-macam, antara lain ada yang warna putih (forma alba), hijau dan ada juga yang merah ke unguan (forma rubra).

Awalnya, daunnya yang berlapis lilin tumbuh lurus, daun-daun berikutnya tumbuh membengkok menutupi daun-daun muda yang terakhir tumbuh, pertumbuhan daun terhenti akan ditandai dengan terbentuknya krop atau telur (kepala) dan krop samping pada kubis tunas (brussel sprouts). Selanjutnya krop akan keluar dan pecah dan akan keluar malai bunga yang bertangkai panjang, bercabang-cabang, berdaun kecil, dan mahkota tegak yang memiliki warna kuning. Buahnya berbentuk polong silindris, panjang antara 5 sampai 10 cm, dan memiliki biji yang banyak. Daun yang terdapat pada kubis memiliki rasa yang begitu renyah sehingga dapat dimakan sebagai lalapan mentah dan matang, campuran salad, disayurkan, atau di buat urap. Untuk pembudidayaan jenis tumbuhan ini biasanya melalui biji atau stek tunas.

Bagian kubis yang berkhasiat adalah dari daunnya, Adapun penyakit yang dapat di tanggulangi dengan kubis antara lain seperti gatal akibat jamur candida (candidasiasis), jamur di kulit kepala, tangan dan kaki, kadar kolestrol darah tinggi, radang sendi, (artritis), melindungi tubuh dari sinar radiasi seperti sinar x-ray, komputer, micromave, mengatasi racun dihati, menghilangkan keluhan sebelum datang haid(premenstrual sindrom) meningkatkan produk ASI, mencegah tumor pembesar, mencegah kanker kolon dan rektum, borok (ulcus) pada saluran cerna, dan sulit buang air besar (sembelit).

Itulah sekilas artikel singkat tentang tumbuhan kubis yang begitu banyak menyimpan khasiat, selain sebagai bahan lalapan seperti bahan sayur ternyata kubis juga menyimpan sejuta khasiat terutama dari segi kesehatan dan sebagai anti oksidan dalam tubuh yang salah satu zat yang sangat penting dalam tubuh yang berperan sebagai melindungi tubuh terhadap radikal bebas terhadap timbulnya penyakit seperti kanker dan lainnya. Sekian & Terimaksih

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com