Sumber Makanan Yang Dibutuhkan Oleh Tubuh

Makanan yang dibutuhkan tubuh salah satunya tentu makanan yang bergizi. Masalah gizi memang sangatlah berkaitan dengan sumber daya manusia dan merupakan faktor penentu ke berlangsung nya suatu bangsa. Kualitas ini dapat dicapai melalui keadaan gizi yang baik dan pendidikan yang baik pula. Sumber daya manusia yang kurang gizi tidak akan produktif, begitu pula dengan tingkat pendidikan yang rendah hasilnya tidak akan meningkatkan ke tenaga kerjaan yang berkualitas, terampil dan berpengetahuan.

Sumber Makanan Yang  Dibutuhkan Oleh Tubuh

Berbicara masalah gizi maka kita pasti selalu dihubungkan dengan pola makanan. Makanan yang bergizi merupakan makanan yang memiliki kandungan nilai gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Zat gizi tersebut meliputi karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Dalam sekali makan maka kita sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi yang seimbang seperti halnya yang mencakup roti, nasi ( sumber karbohidrat), lauk hewani dan nabati ( sumber protein dan lemak), serta sayur dan buah (sumber vitamin dan mineral).

Sebelum memilih menu makanan, maka ada baiknya untuk diketahui kandungan makanan tersebut, bukan hanya sekedar membuat perut kenyang. Makanan dikatakan sehat jika makanan itu mengandung protein, karbohidrat, mineral, lemak dan vitamin. Makanan yang sehat sangat berguna untuk membina tubuh bahkan sebagai sel-sel pengganti bagian sel tubuh yang rusak.

Makanan yang mengandung unsur protein, mineral dan air berperan penting dalam membangun sel jaringan tubuh, kemudian karbohidrat dan lemak merupakan unsur yang berguna bagi tubuh sebagai pemberi tenaga sehingga kita dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Vitamin dan mineraj juga sangat berperan penting dalam tubuh, unsur ini berperan langsung dalam mengatur pekerjaan jaringan tubuh. Unsur unsur makanan yang dikonsumsi seharusnya diperhatikan jumlah keseimbangan nya, hal ini harus sesuai dengan kebutuhan tubuh seseorang.

Sumber makanan yang memberikan panas dan energi dalam tubuh adalah makanan yang mengandung karbohidrat. Jenis ini dapat kita jumpai pada beras, jagung, kentang dan umbi. Untuk protein juga terdapat seperti protein hewani misalnya pada ikan, daging dan telur. Sedangkan protein nabati terdapat pada tumbuh-tumbuhan yakni  tahu, tempe dan kacang kacangan. Perlu diketahui bahwa protein harus ada dalam setiap makanan yang kita konsumsi lantaran protein salah satu kebutuhan yang sangat diperlukan oleh tubuh, terkadang dalam satu makanan yang kita konsumsi  sering kali sumber protein juga sering tidak lengkap.

Bukan saja itu, lemak juga berguna sebagai penghasil panas dan energi seperti hal nya dengan karbohidrat. Lemak dapat disimpan dalam tubuh manusia sebagai cadangan persediaan energi. Lemak pada makanan dapat kita jumpai pada hewan, susu, keju,  dan kuning telur. Ada juga lemak yang dapat dijumpai dari tumbuh tumbuhan seperti minyak kelapa, kacang serta jagung.

Nah , kesemua unsur makanan yang sudah dijelaskan diatas tidak terlepas dari salah satu unsur yang sangat berguna  dalam tubuh yakni air.kandungan air dalam tubuh sedapat mungkin harus dipertahankan agar air yang masuk sesuai dengan air yang keluar. Didalam tubuh, air sangat berguna dan berperan penting sebagai pelarut, dengan air dapat membantu proses kimiawi saluran pencernaan dan mempertahankan kosentrasi garam dalam jaringan tubuh.

Oleh karena itu, maka kita harus memperhatikan asupan makanan yang kita konsumsi yang masuk kedalam tubuh, apakah kandungan karbohidrat, protein, lemak dan air yang ada pada makanan apakah sudah cukup memenuhui sesuai kebutuhan tubuh ? betapa pentingnya mengkonsumsi makanan yang mengandung nilai gizi yang seimbang. Dengan demikian, kita harus memperhatikan nilai gizi dan unsur unsur makanan yang seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Sekian semoga Bermanfaat bagi semua. 

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com