Kesehatan Individu dan Kesehatan Masyarakat

Hidup sehat tidak hanya di pengaruhi oleh jumlah dan kandungan gizi yang kita makan. Akan tetapi kesehatan seseorang di pengaruhi juga oleh lingkungan tempat tinggal dan gaya hidup. Misalnya kita selalu makan empat sehat lima sempurna tetapi kita tinggal di tempat daerah yang kumuh, bergaul dengan orang yang berpenyakit kulit, tipes, diare dan batuk pilek, hal itu akan berakibat pada kondisi badan yang menurun. Orang dapat jatuh sakit karena di pengaruhi juga oleh lingkungan yang buruk.

Kesehatan Individu dan Kesehatan Masyarakat

Makanan bukanlah segalanya untuk menentukan bahwa seseorang dapat hidup sehat. Makanan yang berkualitas dapat mempertinggi kemampuan tubuh, artinya mempertinggi kemampuan tubuh untuk menanggulangi penyakit infeksi, sedangkan kemungkinan infeksi itu sendiri sulit dihindari. Manusia butuh bergaul dengan masyarakat di berbagai kondisi, ada yang bersih dan ada juga yang kotor. Saat berkerja teman dekat kita sedang sakit influenza, kondisi tersebut memungkinkan kita untuk tertular virus tersebut.

Kita sebagai individu dapat menentukan pilihan makanan dan menentukan tempat tinggal , tetapi kemampuan-kemampuan itu terbatas jika menyangkut kepentingan orang lain. Untuk menjaga kesehatan pribadi orang perlu berkerja sama dengan individu lain. Dalam hal ini harus ada pengertian bersama, kemauan dan kerelaan bersama dari masyarakat umum. Pendidikan kesehatan atau npenyuluhan penyuluhan perlu di berikan kepada masyarakat awam tentang pentingnya menjaga kesehatan.

Sekian sedikit ulasan tentang pentingnya menjaga kesehatan antar individu dan masyarakat agar kita selalu menjadi individu dan masyarakat yang hidup selalu dalam kebersihan dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh lingkungan sekitar. Sekian & terimakasih

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com