Mengatur Pola Makan Yang Sehat Dengan Tiga J

Setiap makhluk hidup pastinya tidak terlepas dari makan, tujuannya yaitu untuk melengkapi salah satu kebutuhan yang di butuhkan oleh tubuh seperti sebagai sumber tenaga, mempertahankan kondisi tubuh terhadap penyakit, sebagai energi pertumbuhan dan lain sebagainya. Maka dari itu kalau kita kurang memperhatikan terhadap pola makan trrsebut maka berbagai macam penyakit akan mudah terserang penyakit. Nah untuk itu maka kita harus senantiasa selalu menjaga dan selalu mengatur pola makan sehat dalam keseharian agar tubuh selalu kuatdan sehat serta stamina tetap selalu terjaga. Menurut ahli gizi, pola makan yang sehat sebenarnya terletak pada perencanaan makan yang memenuhuhi kriteria tiga J yaitu jumlah, jenis dan jadwal makan.

Mengatur Pola Makan Yang Sehat Dengan Tiga J

1. Jumlah
Pada saat makan, maka jumlah kalori harus sesuai dengan kebutuhan. Artinya jumlah kalori energi yang keluar maka haruslah setara dengan jumlah kalori yang masuk. Komposisi yang seimbang meliputi karbohidrat sebanyak 60-70 persen ( karbohidrat komplek ), protein sebanyak 10-15  persen( hewani dan nabati 2 : 1 ), lemak sebanyak 20-25 persen ( safa, pufa, mufa 1 : 1 : 1 ), vitamin dan mineral ( A, D, E, K, B, C dan Ca ).

2. Jenis

Makanan yang harus dikonsumsi meliputi karbohidrat, protrin, lemak seimbang dan nutrien spesifik yang terpenuhi. Karbohidrat komplek terdapat pada jenis seperti beras, gandum, terigu, buahan dan sayuran. Pilihlah karbohidrat dengan serat tinggi dan kurangi karbohidrat simplek seperti gula, sirup dan makanan yang manis.  Kebutuhan serat perhari sebanyak lebih dari 25 gram atu 14 gram per 1000 kalori, untuk menambahnya serat maka sangat dianjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayura minuimal lima porsi sehari.

3. Jadwal

Seperti yang telah kita ketahui jadwal mengatur pola makan memang sangatlah penting dalam pola hidup sehat, jadwal makan yang kita atur harus dengan baik. Salah satunya hal ini bertujuan untuk terhindar dari berbagai macam penyakit seperti sakit mag. Kebanyakan kasus yang terjadi jika jadwal makan kurang teratur akan rentan terhadap penyakit mag.

Nah itulah sedikit penjelasan tentang mengatur pola makan yang sehat dengan tiga j yaitu selalu menentukan jumlah makan, jenis makananan yang kita konsumsi apakah makanan tersebut memiliki serat yang cukup sesuai dengan porsi kebutuhan tubuh atau tidak, dan yang terakhir adalah selalu memperhatikan jadwal makan. Sekian Semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Wassalam


Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com