Mengenal Tumbuhan Srigading Serta Khasiatnya

Tags

Srigading merupakan tanaman perdu dan memiliki nama ilmiah Quisqualis indica. Tumbuhan ini memiliki batang berkayu bulat dan bercabang yang memiliki bulu berwarna putih kotor. Namanan hias merambat ini memiliki ketinggian hingga mencapai 10 meter. Srigading memiliki daun tunggal berbentuk bulat telur dengan permukaan kasar yang letaknya berhadapan dan berwarna hijau. Seperti jenis perdu lain nya juga bahwa srigading juga memiliki buah yang bentuknya kotak atau bulat telur yang warnanya ke coklatan dan memiliki biji yang keras.

Mengenal Tumbuhan Srigading Serta Khasiatnya

Pembungaan berbentuk malai dan memiliki aroma yang sangat harum, mahkota bunga putih, dan bunganya juga berwarna putih dan akan berubah warna nya menjadi merah muda dan akhirnya menjadi tua sebelum keguguran. Tumbuhan ini memiliki rangkaian bunga yang begitu menarik dikarenakan dalam rangkaian tersebut memiliki tiga warna bunga. bunganya mekar setelah matahari terbenam. Pada siang hari bunga yang mekar pada malam sebelumnya luruh.

Tanaman yang tumbuh di dataran rendah ini memiliki banyak kegunaan, hampir dari setiap bagian tanaman ini dapat digunakan sebgai kepentingan manusia. Tunas muda nya dapat di jadikan lauk sayur, buah dan bunganya dapat di pergunakan sebagai ramuan obat salah satunya khasiat dari bunga nya sebagai ramuan rematik, radang kulit, tonik karena kandungan zat nya antara lain mengandung minyak atsiri, alkaloid niktantina, manit, safron, dan pada kulit kayunya mengandung ekspektoran memiliki khasiat senagai obat batuk.

Itulah sedikit artikel tentang mengenal tumbuhan srigading serta beberapa khasiat dan kegunaanya bagi manusia, semoga dengan membaca artikel ini kiranya dapat menambah ilmu pengetahuan kepada kita semua. Wassalam 

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com