Sekilas Tentang Bunga Matahari Serta Manfaatnya

Tags

Bunga matahari atau disebut juga dengan nama ilmiah Heleanthus Annus merupakan tumbuhan bunga yang berasal dari negara Amerika Utara. Pada masa kini jenis bunga ini sudah tersebar luas di seluruh pelosok dunia. Hampir setiap para petani atau semua pencinta bunga sudah mengenal dengan bunga yang satu ini bahkan sudah tidak asing lagi bagi semua orang. Kebanyakan masyarakat seperti di desa bahkan di kota-kota memanfatkan jenis tumbuhan bunga matahari ini sebagai jenis tumbuhan hias yang di tanamkan di halaman perkarangan rumah mereka, karena tumbuhan ini dianggap memiliki bunga yang sangat indah dan mempesona.

Sekilas Tentang Bunga Matahari Serta Manfaatnya

Di Indonesia, tanaman bunga matahari tumbuh pada ketinggian 20 sampai 1500 m di atas permukaan laut, ada kalanya kerap sering di temukan tumbuh juga secara liar di lahan-lahan atau di sepanjang pinggriran sungai-sungai dan di berbagai tempat lainnya. Tumbuhan ini memiliki bunga yang berwarna kuning atau ada juga yang berwarna merah ke coklatan. Daunj bunga nya mempunyai pinggiran yang bergerigi dengan panjang sekitar 7 sampai 45 cm dan berdiameter 3 sampai 45 cm.

Umumnya batang tumbuhan bunga matahari ini tidak mempunyai cabang, tetapi kerap juga ditemukan mempunyai cabang, dengan memiliki bunga yang besar dan memiliki diameter 4 sampai 30 cm. tumbuhan ini tumbuh dewngan tegak dan memiliki ketinggian dapat mecapai 1 sampai 3 m. Keindahan dan keunikan pada bunga matahari yaitu berbunga sepanjang tahun dan memiliki banyak biji. Masing masing biji nya berbentuk seperti ujung tombak, kadang-kadang berwarna beberapa garis putih dan berukuran sekitar 2 sampai 6 cm panjangnya.

Proses pembudidayaan jenis tumbuhan bunga matahari biasanya dapat di perbanyak melalui bijinya. Namun disamping berfungsi sebagai jenis tanaman hias, biji bunga matahari sering dipakai untuk membuat minyak goreng dan sebagai bahan makanan lainnya. Selain itu jika di goreng, biji bunga matahari dapat menjadi bahan makanan ringan yaitu kuaci.

Nah itulah sekilas tentang tumbuhan bunga matahari serta manfaatnya yaitu selain di manfatakan sebagai tanaman hias, bunga matahari juga dapat dijadikan sebagai bahan pokok seperti  dijadikan minyak goreng dan makanan ringan yang namanya kuaci. Sekian & Terimaksih

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com