Sekilas Tentang Mahkota Dewa Serta Khasiatnya

Tags

Tumbuhan  mahkota dewa  atau nama ilmiahnya adalah phaleria macrocarpa dikenal sebagai salah satu tanaman obat di Indonesia. Mahkota dewa bisa di temukan ditanam di perkarangan sebagai tanaman hias atau di kebun-kebun sebagai tanaman peneduh. Asal tanaman mahkota dewa belum di ketahui. Menilik nama botani nya Phaleria Papuana banyak oran mengira bahwa tanaman ini populasi aslinya dari tanah Papua Irian jaya. Mahkota dewa tumbuh subur di tanah yang gembur dan subur pada ketinggian 10 sampai 1.200 meter di atas permukaan laut. Perdu menahun ini tumbuhnya tegak dengan ketinggian 1 sampai 2.5 meter. Batang bulat, memiliki permukaan yang kasar dan berwarna cokelat berkayu dan bergetah dan percabangan simpodial.

Sekilas Tentang  Mahkota Dewa Serta Khasiatnya

Tanaman mahkota dewa memiliki daun tunggal yang letaknya berhadapan memiliki tangkai yang pendek memiliki bentuk lanset atau jorong, ujung dan pangkalnya runcing tepi rata, pertualanganya menyirip dan permukaan yang licin memiliki warna hijau tua panjangnya 7 sampai 10 cm dan lebar 2 sampai 5 cm. keunikan dan keindahan pada tumbuhan mahkota dewa yang memiliki bunga keluar sepanjang tahun, letak bunganya tersebar di batang atau pada ketiak daun. Bentuk bunga nya bentuk tabung yang berukuran kecil dan berwarna putih memilki bau yang sangat harum.

Seperti jenis perdu lainya juga, tumbuhan ini juga memiliki buah dan bentuk buahnya bulat, ketika masih muda warnanya hijau dan akan berubah merah saat buahnya masak. Daging buah mahkota dewa putih dan berserat dan berair. Didalam buah terdapat biji yang bentuknya juga bulat keras yang berwarna kecokelatan. Proses pembudidayaan jenis tanaman mahkota dewa ini biasanya dapat di perbanyak melalui biji atau dengan pencangkokan.

Di samping dari itu, tumbuhan mahkota dewa juga menyimpan berbagai macam khasiat dan kegunaanya sebagai ramuan herbal alami. Bagian yang digunakan untuk dijadikan sebagai obatan adalah berupa daun, daging buah, kulit dan daging buahnya. Daun dan kulit buahnya bisa di manfatkan ketika masih segar atau yang sudah di keringkan, sedangkan daging buah di gunakan juga setelah proses pengeringan. Salah satu khasiat yang terdapat pada bagian tersebut yaitu bisa di gunaka sebagai ramuan untuk mengobati penyakit seperti disentri, eksim, gatal-gatal dan jerawatan.

Itulah sekilas artikel tentang tumbuhan mahkota dewa serta beberapa khasiat yang terdapat pada bagian daun kulit dan daging buah mahkota dewa, salah satunya seperti yang telah di uraikan di atas, semoga dengan membaca artilkel singkat ini kiranya dapat menambah pengetahuan kepada pembaca semua. Sekian & Terimaksih

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com