Bunga Kenanga Serta Khasiat Sebagai Pengobatan

Tags

Kenangan yang memiliki nama ilmiah Canagium odoratum merupakan bunga yang sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, salah satu penyebabnya adalah karena bunganya memiliki aroma harum yang sangat semerbak. Tumbuhan ini dikenali dengan dua jenis spesies yaini kenanga latifolia dan kenanga oderatan. Perbedaanya hanya terletak pada jenis bentuk daunnya, bentuik daunolatifolia bulat telur sedangkan oderatan memiliki daun yang agak membundar.

Bunga Kenanga Serta Khasiat Sebagai Pengobatan

Tubuhan kenangan memiliki ketinggian mencapai 10 sampai 40 m, daunnya berwarna hijau tua dengan dengan bagian tepi berombak-ombak, panjang daun antara 10 hingga 20 cm dengan diameter 4 sampai 14 cm dan berwarna kuning. Sepal terdiri dari tiga kutub yang memiliki tepal muda berwarna hijau, namum akan berubah menjadi kuning ketika sudah tua. Ukuran petal 5 sampai 7 cm dengan diameter 8 sampai  16 mm dan menghasilkan bunga sepanjang tahun.

Kenanga memiliki buah yang berisi antara 3 sampai 13 biji dan dapat di jumpai di hutan sekunder atau hutan jati di ketinggian antara 25 - 1000 meter di  atas permukaan laut. Pembudidayaan jenis tumbuhan ini biasanya dapat di perbanyak melalui pembibitan atau kloning. Bunga kenanga juga biasanya digunakan sebagai tradisional pengharum, karena bunga ini dapat di ektrak  dan diambil minyak atsirinya dengan cara di suling dan kebanyakan dipakai dalam industri wewangian.

Bunga kenanga juga sudah lama di percaya sebagai ramuan herbal, karena Bunga Kenanga mengandung beberapa zat yang sangat bermanfaat, diantaranya adalah flavonoida, saponin, polifenol, dan minyak atsiri. Salah satu khasiat nya dapat menyembuhkan serangan penyakit malaria, serta di percaya sebagai herbal sesak napas dan bronkhitin, keputihan, penyakit kudis dan lain sebagainya.

Itulah sedikit penjelasan singkat tentang bunga kenanga, indahnya bunga ini memiliki bau yang sangat harum serta di gemari oleh banyak orang. Selain itu bunga kenanga juga berkhasiat sebagai herbal alami salah satunya seprti yang telah kami ulas di akhir artikel atas. Sekian & Terimakasih

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com