Dampak Buruk Ketika Tubuh Kekurangan Vitamin A

Masalah gizi ini berhubungan dengan jumlah asupan vitamin A yang kurang. Orang yang paling rentan adalah bayi dan anak-anak. Anak yang kekurangan gizi biasanya juga akan mengalami kurangnya vitamin A. Akibat kekurangan vitamin A antara lain mengering nya jaringan epitel pada kulit, saluran pernapasan dan kelenjar air pada mata. Karena itu, akibat lanjutan akan merusakkan penglihatan, juga selain dari itu akan memicu juga pada proses pertumbuhan yang terganggu dan lambat.

Dampak Buruk Ketika Tubuh Kekurangan Vitamin A

Penyebab utamanya tentu sudah kita tahu bahwa makanan yang selalu dikonsumsi adalah makanan yang kurang nya asupan gizi dan vitamin, dan selain dari itu juga mungkin adanya gangguan didalam tubuh seperti daya serap usus dan daya penyimpanan vitamin A didalam hati terganggu.

Selain satu akibat dari kekurangan vitamin A pada tingkat awal yaitu gangguan pada penglihatan yaitu disebut dengan buta senja atau hemeralopia. Anak yang mengalami buta senja dapat melihat secara normal dalam keadaan terang, akan tetapi penglihatannya kurang baik jika dalam kondisi keadaan remang-remang, misalnya senja., oleh karena itulah jenis kondisi ini disebut buta senja. Pada tingkat yang lebih parah, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan bagian mata yang putih menjadi kusam , kering dan keriput, pada bagian ini juga timbul percak putih mirip telor atau seperti lemak.

Maka dari itu untuk memperoleh kecukupan vitamin A setiap harinya, usahakan untuk menghindari penggunaan obatan, dan selalu memilih sumber makanan yang mengandung dan kaya akan vitamin A yang alami, yang tentunya berasal dari tumbuhan dan hewan, seperti : wortel, cabai merah, bayam, tomat, papaya, buah naga, apel, pisang, sereal, umbian, hati,  susu, dll.

Nah itulah sedikit ulasan artikel tentang beberapa akibat dari kekurangan asupan vitamin A bagi tubuh, serta bagaimana cara memperoleh vitamin A secara alami bagi tubuh. Semoga bermanfaat. Wassalam

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com