Mengenal Bayam Merah Serta Khasiat Bagi Kesehatan

Tags

Bayam Merah ( Amarathus trikolor ) Semua orang pasti tidak asing lagi dengan jenis tanaman yang satu ini bukan ? tanaman yang berasal dari Amerika ini sudah tersebar di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia. Di Indonesia tanaman ini dapat tumbuh sepanjang tahun dan dapat ditemukan di ketinggian 5 sampai 2000 meter di atas permukaan laut. Bayam merah dapat tumbuh di daerah panas dan dingin, akan tetapi tumbuh lebih subur di daerah rendah yang terbuka yang kondisi udaranya agak panas.


Bayam merah termasuk kedalam jenis herbal setahun yang tumbuyh tegak atau agak condong tinggi 0.4 hingga sampai 1 meter dan bercabang. Batang lemah dan berair, daun bertangkai dan berbentuk bulat telur lemas dan panjang hingga 5 sampai 8 cm ujung tumpul pangkal runcing serta warnanya hijau, merah serta hijau keputihan. Bayam merah memiliki bunga dalam tukal yang rapat, bagian bawah duduk pada ketiak dan bagian atas berkumpul menjadi karangan bunga di ujung tangkai dan ketiak percabangan dengan bunga berbentuk bulir. Pembudidayaan tanaman ini dapat di perbanyak melalui biji.

Bayam merah sangat berkhasiat bagi kesehatan, secara umum bayam merah dapat meningkatkan kinerja ginjal dan melancarkan pencernaan. Akar bayam merah berkhasiat sebagai obat disentri. Bayam termasuk kedalam sayuran berserat yang dapat di gunakan untuk melancarkan proses buang air besar. Makanan berserat sangat dianjurkan untuk di konsumsi oleh penderita kanker usus besar, penderita kencing manis ( diabetes melitus ), kolestrol, darah tinggi, serta menurunkan berat badan.

Itulah sedikit penjelasan mengenai tanaman bayam merah serta sejuta khasiat yang terdapat pada bayam merah, semoga dengan artikel ini kiranya dapat membantu dan menjadi bahan tambahan kepada pembaca semua. Wassalam

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com