Sekilas Tentang Tanaman Bunga Puar Kencong

Tags

Puar kencong adalah tanaman yang berimpang didalam tanah dengan tangkai daun yang tingginya dapat mencapai lima meter. Nama ilmiah dari tanaman ini adalah "etlingera elatior". Perbungaan pada tanaman puar kencong tegak dengan tinggi satu meter dengan bunga dan memiliki daun-daun pelindung sebagai pembungkus yang berwarna putih sampai merah.

Sekilas Tentang Tanaman Bunga Puar Kencong

Bunga puar kencong terlihat seperti obor, karena itulah tanaman ini dinamai dengan nama puar. Bunga ini biasanya ditemukan di hutan dan kalanya tumbuh secara liar namun sekarang banyak di budidayakan oleh masyarakat karena manfaatnya. 

Kebanyakan orang memanfaatkan tanaman ini seperti batangnya di pergunakan untuk bahan anyaman dan dapat dijadikan bahan dasar kertas. Nah selain itu, daun muda dan bunganya bisa dijadikan sayur. Daun dan bunganya sangat bermanfaat untuk tubuh karena berkhasiat untuk menghilangkn bau keringat. Buahnya juga dapat dijadikan pengganti asam dan manisan serta dapat pula dijadikan sebagai bahan pencuci rambut atau shampo.

Itulah sekilas tentang tanaman puar kencong yang dapat admin paparkan, semoga dengan membaca artikel singkat ini kiranya dapat menjadi bahan tambahan kepada pembaca semua dan bisa dijadikan sebagai bahan referensi umum bagi semua. Wassalam

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com