Indahnya Pesona Obyek Wisata Air Terjun Blang Kolam Aceh Utara

Air Terjun Blang Kolam terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kuta Makmur. Kabupaten Aceh Utara, Propinsi Nanggro Aceh Darussalam. Air terjun ini memiliki kolam yang indah yang berada dibawah aliran air terjun. Air Terjun Blang Kolam memiliki ketinggian sekitar 75 m. Tempatnya yang sejuk dengan alam yang masih asri sekali. Untuk mencapai lokasi tersebut dapat menggunakan sepeda motor, mobil, ataupun angkutan umum lainnya, karena berjarak sekitar 21 km dari kota Lhokseumawe.

Indahnya Pesona Obyek Wisata Air Terjun Blang Kolam Aceh Utara
Blang Kolam Aceh Utara
Sebenarnya banyak jalur yang bisa ditempuh, bisa melalui Cunda kota Lhokseumawe, Kandang Aceh Utara atau kawasan Muara Satu kota Lhokseumawe. Kondisi jalan menuju objek wisata Blang Kolam ini cukup terjal dan licin sehingga menjadi salah satu penghambat bagi pengunjung yang ingin menikmati objek wisata ini. Petunjuk jalan ke lokasi air terjun ini ada cukup jelas sehingga memungkinkan tak harus banyak bertanya ke pada penduduk setempat.

Baca Juga : Tahukah Anda Bahwa Setiap Langkah Itu Adalah Anugerah

Air Terjun Blang Kolam merupakan area wisata yang cocok untuk tempat berlibur bersama keluarga. Selain sebagai tempat berendam, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam yang sangat indah di hutan sekitar air terjun Blang Kolam. Tempat wisata ini sempat meredup seiring dengan adanya konflik yang terjadi di daerah Serambi Mekah, namun dengan keadaan yang sudah menjadi damai, lokasi ini kembali bergairah menyambut kedatangan para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.


Daya tarik utama lokasi wisata Air Terjun Blang Kolam adalah kesederhanaan alamnya yang dilengkapi dengan gemuruh air dan kicauan burung liar. Dengan tarif tiket sekitar Rp. 5000 – Rp. 10.000, Anda sudah bisa memasuki area lokasi wisata ini.

Air terjun Blang Kolam sendiri berketinggian sekitar 75 m dan terletak di hutan yang teduh. Untuk perjalanan menuju langsung ke air terjunnya, pengunjung dapat mengikuti jalur hutan ini yang memiliki sekitar 555 anak tangga. Jadi jangan lupa untuk menyiapkan setidaknya sebotol air mineral untuk menemani perjalanan Anda sehingga tidak dehidrasi di tengah perjalanan.


Kelelahan saat perjalanan menuju Air Terjung Blang Kolam akan terbayar tuntas ketika sampai di tujuan dan menikmati langsung keindahan dua air terjun kembar yang sangat menakjubkan tersebut. Air terjun yang masih alami dengan pepohonan besar menjulang tinggi di sekelilingnya dan bebatuan di bagian bawah air terjun akan menyapa Anda untuk betah berlama-lama di lokasi ini.


Selain sebagai sarana rekreasi keluarga, Air Terjun Blang Kolam juga dapat dijadikan sebagai areal berkemah bagi Anda yang suka bertualang dan ingin menginap di tempat ini. Syarat yang perlu diperhatikan disekitar area Air Terjun Blang Kolam, yang pertama yaitu tidak boleh membawa perempuan (khusus berkemah), jika hanya untuk wisata biasa tidak masalah), yang kedua tidak oleh menebang pepohonan sekitar tanpa izin, dan ketiga untuk selalu menjaga sikap.


Sebagai fasilitas penunjang wisata, terdapat beberapa sarana pendukung seperti Mushalla, jaringan listrik dan jaringan air juga telah tersedia disini sehingga Anda dan keluarga dapat menikmati liburan yang menyenangkan di lokasi wisata Air Terjun Blang Kolam.


Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com