Biji Semangka Dianggap Juga Menjadi Salah Satu Camilan Yang Paling Sehat

Tags

Saat masih kecil, Anda mungkin akrab dengan lelucon "Jangan makan biji buah, nanti bisa tumbuh di perut." Akibatnya banyak anak yang ketakutan ketika mereka tak sengaja menelan biji buah tersebut.

Saat beranjak dewasa, Anda pasti tahu bahwa biji semangka dan biji buah-buahan lain yang masuk ke dalam tubuh tak akan tumbuh.

Biji Semangka Dianggap Juga Menjadi Salah Satu Camilan Yang Paling Sehat


Namun tentunya yang akan membuat Anda jadi enggan memakan biji buah adalah karena teksturnya yang keras dan rasanya yang pahit. Selain itu, Anda juga pasti tahu kalau biji buah ini dipergunakan sebagai benih vegetatif agar menjadi tanaman.

Mengutip Insider, kenyataannya sekarang ini biji semangka bisa jadi salah satu bagian paling sehat dari semangka. Selain itu, biji semangka dianggap juga menjadi salah satu camilan yang paling sehat. Jadi alih-alih membuangnya, biji semangka ini bisa dikumpulkan dan menjadi camilan yang sehat.

Meski kecil ukurannya, namun manfaat biji semangka tak bisa dianggap remeh. Seperti banyak biji dan kacang-kacangan, biji semangka memiliki protein dan nutrisi. Kandungannya bisa mencapai 10 gram per ons.

Kabar yang lebih mengejutkan, biji semangka ini dianggap lebih sehat dari almond karena memiliki karbohidrat dan kalori yang lebih sedikit.

Menurut National Institute of Health, biji ini juga memiliki banyak kandungan magnesium. Magnesium di dalamnya membantu mengatur tekanan darah dan membantu metabolisme. Bahan aktif tersebut juga kaya akan vitamin B.

Jangan cuma langsung menyantapnya dari semangka. Sebaiknya tunggulah sampai biji sudah bertunas sedikit, kemudian dikupas, dan keringkan.


Anda bisa menyantapnya sebagai camilan mentah, menambahkannya ke dalam yoghurt, granola, dan salad.Biji ini juga bisa dipanggang dalam oven dengan tambahan garam dan minyak zaitun.

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com