Makanan Dan Gizi Yang Harus Selalu Diperhatikan Untuk Anda Ibu Hamil

Makanan yang baik untuk ibu hamil muda selalu menjadi perhatian khusus bagi siapa saja yang ingin memiliki janin dan bayi yang sehat. Sebab jika tidak, akan beresiko tidak baik bagi janin yang di kandungnya.

Asupan makanan yang sehat sangat diperlukan oleh ibu hamil dikarenakan pada usia ini rentan mengalami keguguran. Selain itu gangguan yang seringkali terjadi pada ibu hamil di trimester pertama adalah mual, muntah hingga kehilangan nafsu makan.


Makanan Dan Gizi Yang Harus Selalu Diperhatikan Untuk Anda Ibu Hamil



Padahal pada usia kehamilan trimester pertama sangat penting untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral sehingga dapat berkembang dengan baik. Seringkali pada usia kehamilan yang masih muda anda menebak-nebak pantangan dan keharusan mengkonsumsi jenis makanan.

Lantas bagaimana makanan yang sehat untuk ibu hamil ? Pada ibu hamil bukan berarti harus mengkonsumsi makanan dengan porsi yang lebih banyak akan tetapi memperhatikan kualitas dari makanan yang anda konsumsi.

Untuk anda seorang ibu hamil, maka sebaikinya ibu ibu selalu mengkonsumsi :

Ikan laut yang banyak mengandung Omega 3 yang baik untuk perkembangan otak, namun jika ibu hamil tidak yakin dengan kualitas ikan laut akibat air laut yang tercemar ibu bisa mengganti dengan jenis ikan lain selain ikan laut, akan tetapi jenis ikan harus banyak mengandung omega 3. Omega 3 bisa dipenuhi juga dengan suplemen suplemen anjuran dokter dan lainya.

Dengan mengkonsumsi banyak sayuran, bagi anda seorang ibu dalam mas hamil, makan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak sayur, disini anda harus perlu berhati hati dalam memilih sayur, karena syur yang dijual dipasaran banyak mengandung kandungan non organik, sarannya anda harus teliti sebaiknya sayuran yang digunakan harus sayuran yang organik tanpa obat obatan.

Daging segar dan bermutu baik, bagi anda ibu hamil, anda harus batasi makan daging bagian jeroan, seperti paru, babat dan usus, karena bagian tersebut mengandung kolestol yang tinggi.

Buah buahan, anda harus mengkonsumsi juga buah buahan jika ibu sedang masa hamil, buah yang direkomendasikan buah yangsegar dan berwana karena mengandung vitamin yang banyak.

Sumber kabohidrat, semberkabohidrat seperti beras merah lebih unggul daripada beras putih, karena didalam beras merah kandungan serat yang cukup banyak, vitamin dan mineralnya 2 sampai 3 kalilebih dan zat besinya yang terkandung pun sangatlah tinggi.untuk roti pilih dari gandumbukan tepung putihkarena seratnya pun lebih banyak.

Minyak goreng sebaiknya pililahlah minyak minyak zaitun jika ibu membutuhkan untuk menggoreng, jika ibu pakai minyak goreng kelapa sawit, ibuk direkomendasikan harus menggunakan minyak goreng baru, jangan pakai minyak sisa hasil gorengan sebelumnya, karena dikabarkan mengandung zat benzena yang menyebabkan kanker.

Buah sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. karena buah mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Akan tetapi, tidak semua jenis buah-buahan baik dikonsumsi ibu oleh hamil. Ada beberapa jenis buah-buahan yang jutsru harus dihindari.

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com