Tak Hanya Jadi Sajian Buah, Semangka Juga Jadi Pilihan Ideal Untuk Perawatan Kulit

Tags

Tak hanya jadi sajian buah utama dalam kehidupan sehari-hari, semangka kini juga menjadi idola baru bagi produk perawatan kulit. Tren menggunakan semangka sabagai bahan utama itu dilakukan sejumlah perusahaan kecantikan asal Korea Selatan.

Salah satunya yang mencuri perhatian publik adalah adanya masker berbahan semangka, yakni Glow Recipe's Watermelon Glow Sleeping Mask. Produk tersebut memanfaatkan fungsi hidrasi pada semangka yang menjadikan kulit lembut dan bercahaya.

Tak Hanya Jadi Sajian Buah, Semangka Juga Jadi Pilihan Ideal Untuk Perawatan Kulit


Seperti nama yang diusungnya dalam bahasa Inggris, 'watermelon', semangka mengandung 96 persen air (H2O). Akan tetapi, bukan itu saja yang membuatnya bermanfaat buat kulit. Ada kandungan lain yang dapat jadi andalan.


"Citrulline, sebuah asam amino, dapat meningkatkan sirkulasi darah dan bekerja sebagai exfoliator alami. Sementara itu, lycopene, sebuah fitonutrien, berguna sebagai anti peradangan," ungkap Su-Man, seorang spesialis dalam perawatan wajah, yang dikutip dari Refinery29, baru-baru ini.


Yang menarik adalah ketika semangka sebagai bahan perawatan wajah cocok untuk segala jenis kulit. Terlebih lagi untuk kulit yang gampang pecah, mudah mengalami kemerahan, serta kulit kering yang mudah terkelupas.

Di luar itu, buah merah dengan biji itu juga dapat membantu mengatasi keriput di wajah.


"Semangka kaya akan anti oksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas, dan juga bagus untuk merawat tanda-tanda penuaan," jelas Su-Man.

Perawatan kulit menggunakan semangka juga dapat dilakukan sendiri dengan cara sederhana. Seseorang bisa saja menggunakan irisan semangka dingin sebagai masker wajah. Semangka disebutkan dapat jadi pilihan ideal untuk perawatan kulit, khususnya yang kering akibat sinar matahari dan iritasi.


Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com