Menikmati Indahnya Pesona Obyek Wisata Pulau Weh Sabang Aceh

"Sabang" Mungkin Anda pernah mendengar kata tersebut?. Dari Sabang sampai Merauke, berjajar pulau-pulau. Itu merupakan salah satu penggalan dari syair lagu nasional kita. Sabang, yaitu ibu kota Pulau Weh. Berwisata di Pulau Sabang tentunya akan meninggalkan banyak sekali kesan tertentu.

Menikmati Indahnya Pesona Obyek Wisata Pulau Weh Sabang Aceh

Baca juga: Indahnya Pesona Obyek Wisata Air Terjun Blang Kolam Aceh Utara

Sabang adalah kota yang terletak di Pulau Weh dan merupakan pintu gerbang di kawasan ujung barat Indonesia. Sabang memiliki luas 156,3 kilometer persegi dengan puncak tertinggi 617 meter di atas permukaan air laut. Karena terletak di Pulau Weh banyak orang yang menyebut Pulau Weh sebagai Pulau Sabang. Pulau Weh sendiri merupakan pulau utama dan terbesar yang terpisahkan dari daratan Aceh oleh Selat Benggala. Sabang adalah tempat wisata yang terkenal karena merupakan salah satu lokasi kegiatan menyelam dan berselancar.

Pantai Iboih adalah salah satu tempat yang berlokasi di Pulau Weh Sabang, merupakan pantai yang kerap dikunjungi oleh mereka yang sering melakukan penyelaman/ Diving. Anda bisa menikmati pesona keindahan bawah laut di Pulau Weh, termasuk mengitari jejak-jejak alam yang membatasi pulau Sabang dari pulau besar Sumatera. Karena ombak lautnya yang cukup kuat, Pulau Weh juga sering menjadi tempat pilihan berselancar yang seru di Aceh.

Bawah Laut Pantai Iboih

Baca juga: Tas Raksasa Motif Khas Aceh Pecahkan Rekor MURI

Menyelam (diving) di Pulau Weh merupakan salah satu lokasi yang terbaik di Indonesia. Keindahan alam bawah laut di Pulau Weh termasuk jajaran dengan wisata laut Raja Ampat yang terkenal saat ini. Itulah sebabnya mengapa para pecinta diving terus mendatangi tempat wisata laut tersebut.

Tugu Kilometer Nol Sabang

Baca juga: Indahnya Pesona Obyek Wisata Air Terjun Blang Kolam Aceh Utara 

Dengan berkunjung ke Sabang berarti Anda telah menapakan kaki di Kilometer Nol Indonesia. Di situ, berdiri tugu yang menandai hal tersebut. Tugu ini dijuluki sebagai Tugu Kilometer Nol Indonesia. Untuk menjelajahi daerah Sabang dan pantai di sana, sebenarnya paling cocok dengan berjalan kaki, taksi pun tersedia jika Anda membutuhkan. Termasuk Minibus, sepeda motor bahkan becak roda tiga juga siap siaga mengantar Anda untuk menjelajah pulau Sabang ini. Anda juga bisa menyewa mobil.

Pulau Rubiah yang Sangat Indah

Menjelajahi wisata Pulau Weh akan membawa Anda ke tempat-tempat menarik di Sabang seperti gunung berapi, air terjun, air panas, bunker Jepang pada Perang Dunia II, kuburan bersejarah, Durian Keramat (Durian suci), dan termasuk kota Sabang.


Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com