Beberapa Kandungan dan Manfaat Dibalik Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

Pepaya (Carica papaya ) atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. Pepaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, "papaja", yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, "papaya". Dalam bahasa Jawa pepaya disebut "katès" dan dalam bahasa Sunda "gedang".

Beberapa Kandungan dan Manfaat Dibalik Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh


Baca juga: Manfaat Yang Menakjubkan Dibalik Jambu Air Bagi Kesehatan Tubuh Yang Harus Anda Tahu

Buah pepaya dimakan dagingnya, baik ketika muda maupun masak. Daging buah muda dimasak sebagai sayuran. Daging buah masak dimakan segar atau sebagai campuran koktail buah. Pepaya dimanfaatkan pula daunnya sebagai sayuran dan pelunak daging. Daun pepaya muda dimakan sebagai lalap setelah dilayukan dengan air panas atau dijadikan pembungkus buntil.


Bunga pepaya yang diurap menjadi sayuran yang biasa dimakan. Getah papaya, daun, dan buah mengandung enzim papain semacam protease yang dapat melunakkan daging dan mengubah konformasi protein lainnya.

Selain itu daun pepaya juga berkhasiat sebagai obat dan perasannya digunakan dalam pengobatan tradisional juga untuk menambah nafsu makan.

Daun pepaya muda dimakan seperti membuat sebagai sayur dalam beberapa masakan khas Indonesia. Air dari rebusan daun papaya juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan,  Didalam daun papaya terdapat banyak Kandungan gizi  yaitu : Vitamin B, A, C, D, E, Kalsium. Selain banyak vitamin, daun papaya juga dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit seperti:
 
Mencegah penyakit kanker
Mengkonsumsi masakan daun pepaya secara teratur terbukti berkhasiat melawan penyakit kanker. Kandungan getah putih yang ada di dalamnya merupakan zat anti-kanker.

Mengobati demam berdarah
Untuk anda yang menderita penyakit demam berdarah, campurkan 5 lembar daun pepaya dengan temulawak, gula merah dan meniran secukupnya. Rebus dan minum air rebusan daun tersebut secara teratur sampai demam berdarah sembuh.

Mengobati nyeri saat haid
Bagi anda wanita yang sedang haid dan ingin menghilangkan rasa nyeri secara mudah dan aman, cobalah ramuan tradisional daun kates. Campurkan 1 lembar daun pepaya mentah, asam jawa dan garam kemudian rebus sampai matang. Minum air ramuan tersebut.

Menghilangkan jerawat
Cara alami mengobati jerawat menggunakan daun ini adalah tumbuk 2 lembar daun pepaya tua yang sudah dijemur sebelumnya, campurkan sedikit air hangat lalu oleskan ramuan tersebut pada daerah wajah berjerawat. Diamkan 20 – 30 menit baru kemudian cuci muka anda dengan air bersih.
 

Penambah nafsu makan
Untuk mengatasi masalah kurang nafsu makan, campur kan daun pepaya segar dengan garam dapur dan air hangat secukupnya. Tumbuk sampai halus kemudian saring airnya dan minum air saringan tersebut. Cara ini juga dapat digunakan pada anak yang susah makan.

Memperkuat tulang dan gigi
Konsumsi sayur daun pepaya secara teratur dapat memperkuat tulang dan gigi anda. Kandungan alaminya dipercaya bisa membuat gigi lebih kuat dan tulang lebih sehat.

Melancarkan pencernaan
Cukup mengkonsumsi rebusan daun ini atau diolah menjadi tumis sayur maka anda akan mendapatkan manfaat yaitu terhindar dari masalah gangguan pencernaan makanan.

Mengatasi tekanan darah tinggi

Khasiat daun pepaya berikutnya adalah mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Rebus lima lembar daun dengan setengah liter air kemudian ambil air rebusan tersebut lalu tambahkan pemanis madu murni atau gula merah. Minum selagi hangat.

Melancarkan ASI ibu
Bagi ibu yang sedang menyusui, kegunaan daun pepaya bisa melancarkan ASI secara alami. Siapkan 5 lembar daun muda kemudian letakkan di atas api sampai daun layu. Tempelkan selagi hangat di atas payudara ibu kecuali bagian puting.

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com