Ini Alasan Mengapa Wanita Lebih Rentan Terkena Diabetes Dibandingkan Pria

Diabetes adalah suatu penyakit dimana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) atau insulin tidak bekerja dengan baik. Oleh karena itu akan menyebabkan gula darah meningkat. Pada tahun 2017 diperkirakan ada 10,3 juta orang di Indonesia yang mengidap diabetes.

Angka ini bahkan disebut-sebut akan meningkat hingga 16,7 juta jiwa pada tahun 2045 mendatang. Melihat tingginya jumlah penderita diabetes di Indonesia, ada baiknya memang kita mewaspadai kedatangan penyakit mematikan ini.

Ini Alasan Mengapa Wanita Lebih Rentan Terkena Diabetes Dibandingkan Pria

Baca juga: Manfaat Sinar Matahari Di Pagi Hari Bagi Kesehatan Tubuh
 
Pakar kesehatan dr. Roy Panusunan Sibarani, SpPD-KEMD, Sp. Endokrin menyebutkan bahwa diabetes ternyata adalah penyebab kematian pada kaum wanita paling tinggi kesembilan di seluruh dunia. Bahkan, angka kematian wanita di seluruh dunia gara-gara penyakit ini mencapai 2,1 juta jiwa per tahun.


Diabetes memang cenderung lebih rentan menyerang wanita daripada pria meskipun pria cenderung lebih malas dalam menerapkan gaya hidup sehat. Lantas, apa penyebab wanita lebih beresiko terkena penyakit ini.

Dr. Roy menyebutkan bahwa wanita, khususnya yang sedang hamil, memang lebih rentan untuk terkena diabetes karena kecenderungan untuk tidak banyak bergerak jika dibandingkan dengan kaum pria. Pria sendiri memang dikenal sebagai orang yang cenderung suka melakukan kegiatan fisik.


Yang menjadi masalah adalah, kecenderungan untuk tidak banyak bergerak ini membuat tubuh tidak banyak menghabiskan karbohidrat atau glukosa untuk aktifitas fisik. Hal ini bisa memicu datangnya penyakit metabolic seperti hipertensi, kolesterol tinggi, atau bahkan diabetes.

Saat wanita sedang hamil misalnya, ada sebuah zat di dalam tubuhnya yang disebut sebagai AMPK yang tidak bekerja dengan baik sehingga akan memicu resistensi insulin dan akhirnya menyebabkan diabetes gestasional, diabetes yang muncul hanya di fase kehamilan saja.


Mengingat kaum pria tidak mengalami kehamilan, maka zat AMPK akan tetap mengontrol kinerja insulin dengan lebih baik sehingga asalkan mereka menerapkan gaya hidup yang sehat, maka resiko untuk terkena diabetes juga lebih kecil dari wanita.

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com