Inilah Manfaat Sinar Matahari Di Pagi Hari Bagi Kesehatan Tubuh

Teriknya sinar matahari, tak selamanya buruk bagi kita, seperti yang kita ketahui bahwa sinar matahari pagi sangat baik bagi tubuh dan kulit. Saat akan berjemur di pagi hari, sebaiknya kita jangan dulu mengaplikasikan sunscreen atau sunblock. Biarkan cahaya matahari pagi memberikan manfaat bagi tubuh kita.

Inilah Manfaat Sinar Matahari Di Pagi Hari Bagi Kesehatan Tubuh

Baca juga: Fakta Bagi Anda Yang Bergolongan Darah O Yang Harus Diketahui
 
Salah satunya adalah terbukti mampu memperbaiki kondisi kulit, termasuk mempercepat regenerasi kulit. Sehingga noda bekas jerawat atau luka yang mengering dapat segera hilang. Sinar matahari pagi juga dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh. Alasannya, berjemur di pagi hari akan membuat produksi antibodi kita lebih maksimal, sehingga mampu lebih cepat dan efektif menangkal infeksi bakteri, jamur, dan virus penyebab penyakit.


Beberapa manfaat sinar matahari bagi kesehatan :


Mengurangi gula darah
Sinar matahari adalah insulin alami yang memberikan kemudahan penyerapan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. Hal inilah yang merangsang tubuh untuk mengubah gula darah menjadi glycogen, yang kemudian disimpan di hati dan otot. Proses inilah sebagai turunnya kadar gula darah.


Mengandung vitamin D
Pada waktu berkas sinar ultraviolet disaring di kulit, sinar tersebut merubah simpanan kolesterol di kulit menjadi vitamin D. Menerima paparan sinar matahari selama 5 menit saja sama artinya dengan memberikan 400 unit vitamin D pada tubuh Anda.


Membentuk dan memperbaiki tulang
Meningkatnya vitamin D dalam tubuh karena paparan sinar matahari dapat meningkatkan penyerapan kalsium di dalam tubuh Anda. Kondisi ini adalah solusi dalam pembentukan dan perbaikan tulang dan mencegah penyakit seperti rakhitis dan osteomalacia.


Meredam kolesterol darah
Ini merupakan kelanjutan proses di atas. Setelah kolesterol di bawah kulit dirubah menjadi vitamin D, otak dan tubuh kemudian memberikan sinyal kepada kolesterol yang ada dalam darah untuk keluar dari darah menuju ke kulit. Dari proses inilah kadar kolesterol dalam darah dapat dikontrol dengan baik.


Meningkatkan kebugaran pernafasan
Peningkatan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan-jaringan adalah salah satu kegunaan sinar matahari. Selain itu, sinar matahari juga mampu meningkatkan kebugaran pernafasan karena jumlah glikogen akan bertambah setelah berjemur di bawah terik matahari.


Penawar infeksi dan pembunuh bakteri
Sinar matahari mampu membunuh bakteri penyakit, virus, dan juga jamur. Pada perawatan TBC, erysipelas, keracunan darah, peritonisis, pneumonia, mumps, dan asma, terapi sinar matahari sangat dibutuhkan. Bahkan beberapa dari virus penyebar kanker dapat dibinasakan oleh sinar ultraviolet ini. Infeksi jamur, termasuk candida, juga bakteri di udara bereaksi dan dapat dibinasakan oleh sinar matahari.

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com