Manfaat Yang Menakjubkan Dibalik Jambu Air Bagi Kesehatan Tubuh Yang Harus Anda Tahu

Jambu air adalah tumbuhan dalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Jambu air sebetulnya berbeda dengan jambu semarang (Syzygium samarangense), kerabat dekatnya yang memiliki pohon dan buah hampir serupa. Beberapa kultivarnya bahkan sukar dibedakan, sehingga kedua-duanya kerap dinamai dengan nama umum jambu air. Jambu air mudah ditanam dan di budidaya.

Manfaat Yang Menakjubkan Dibalik Jambu Air Bagi Kesehatan Tubuh Yang Harus Anda Tahu

Baca juga: Selain Rasanya Yang Manis, Ternyata Buah Duku Menyimpan Banyak Manfaat Bagi Kesehatan


Berdasarkan ukurannya, jambu air terbagi dalam dua kelompok, yakni Syzgium quaeum (jambu air kecil) dan Syzgium samarangense (jambu air besar). Jambu air yang termasuk dalam Syzgium quaeum (jambu air kecil) adalah jambu air camplong, air kancing, mawar atau keraton, baron, lonceng, manalagi, dan masih banyak lagi.

Sedangkan yang termasuk dalam Syzgium samarangense (jambu air besar) antara lain jambu air lilin, air apel, cincalo, dan jambu air kaget. Dinamakan jambu air kaget karena kita tidak bisa menebak buah mana yang ada bijinya dan yang tidak. Bobot jambu air kaget sendiri bisa mencapai 100-150 gram per buahnya, sehingga jambu air jenis ini dimasukkan ke dalam kelompok Syzgium samarangense.

Selain kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, mengkonsumsi jambu air juga berdampak positif bagi kesehatan, di antaranya:

Mencegah dehidrasi
Jambu air memiliki kadar air yang cukup tinggi. Penelitian menyebutkan bahwa kandungan air dalam setiap 100 gram jambu air bisa mencapai 93 persen sehingga efektif untuk mencegah dehidrasi. Kandungan air yang melimpah dan segar tersebut juga dapat membantu meningkatkan mood baik bagi siapa saja yang mengkonsumsinya.

Meningkatkan kesuburan
Tidak ada yang menyangka jika buah yang satu ini juga baik untuk membantu meningkatkan kesuburan pria. Kandungan vitamin C dalam jambu air berfungsi sebagai anti oksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sel-sel tubuh, termasuk sel-sel sperma dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Menjaga kesehatan mata

Jambu air juga dilengkapi dengan vitamin A. Seperti kita ketahui bahwa vitamin A diperlukan mata agar tetap berfungsi optimal seiring bertambahnya usia, serta menambah imunitas tubuh dengan mendongkrak kinerja sel darah putih atau leukosit yang disebut antibodi serta antivirus. Mengkonsumsi jambu air juga baik untuk mengatasi mata lelah akibat bekerja terlalu lama di depan layar komputer.

Mencegah diare
Menurut PK Warrier dari Universitas Purdue, ekstrak biji jambu air dapat digunakan untuk mencegah diare. Bahkan di India, ramuan bunga jambu air sering digunakan sebagai obat penurun panas dan demam pada anak-anak.


Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com