Panduan Lengkap Plus Video Cara Pilih Jabatan dan Instansi di CPNS 2018 sscn.bkn.go.id Agar Peluang Lolos Besar

Tags

PARA pelamar CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id pasti saat ini pasti tengah dibingungkan tentang memilih jabatan dan instansi yang tepat bagi mereka. 

Semua pasti berpikir tentang peluang mereka diterima di jabatan dan instansi CPNS 2018 sscn.bkn.go.id yang dipilihnya.

Ini Trik Cara Pilih Jabatan dan Instansi di CPNS 2018 sscn.bkn.go.id Agar Peluang Lolos Besar

Saat ini formasi CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id memang dalam posisi terdapat jabatan yang formasinya hanya sedikit, tetapi pelamarnya banyak, tetapi ada pula jabatan yang formasinya banyak, tetapi sedikit pendaftarnya.

Lalu ada pula jabatan yag formasinya sedikit, tetapi sedikit pula pendaftarnya. Lalu pertanyaannya adalah mana yang sebaiknya dipilih para pelamar CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id?

Ada baiknya pelamar CPNS 2018 sscn.bkn.go.id mendengarkan ulasan dari seorang PNS yang lolos CPNS tahun 2015 lalu. 

CPNS itu berbagi tips dan trik di akun youtubenya bernama aesenku.

Dalam penjelasan di video itu dijelaskan bahwa sebaiknya para pelamar menguatkan tekad dulu untuk menjadi CPNS.

Dengan menguatkan tekad, maka pelamar CPNS 2018 sscn.bkn.go.id tak akan peduli dengan dimana instansi CPNS 2018 yang akan dipilihnya. 

Sebab ia memberi saran bahwa sebaiknya para pelamar CPNS 2018 memilih jabatan di instansi yang berada di luar pulau Jawa.

Alasannya ini berkaitan dengan kualitas seleksi kompetensi bidang (SKB). SKB di daerah dinilai lebih ringan ketimbang SKB di instansi-instansi yang berada di Pulau Jawa. 

Kemudian pelamar CPNS 2018 juga harus menentukan pilihan apakah akan bersaing di tingkat kementerian atau cukup tingkat provinsi dan kabupaten atau kota saja. 

Perbedaannya pelamar di tingkat kementerian cenderung lebih tangguh-tangguh ketimbang tingkat kabupaten dan kota. Maka untuk memperbesar kemungkinan lolos, pilihkan instansi di kabupaten atau kota. 

"Saya juga dulu memilih instansi provinsi saja," ujar aesenku dalam videonya.

Berikutnya pelamar CPNS 2018 sscn.bkn.go.id juga disarankan untuk benar-benar memperhatikan terkait seleksi kompetensi bidang (SKB). 

Baginya apabila ada SKB maka akan lebih rumit karena seseorang akan berhadapan dengan hal-hal teknis untuk jabatan yang dipilihnya. 

Sehingga orang-orang yang memiliki pengalaman di jabatan itu akan memiliki nilai lebih dan punya peluang besar apabila di dalam SKB ada sesi wawancara.

Mereka yang tak punya pengalaman di bidang tersebut akan kalah oleh para pelamar yang sudah punya pengalaman di bidang tersebut. 

Makanya aesenku menyarankan bagi mereka yang fresh graduate atau pun pelamar yang banting stir dari profesi sehari-harinya agar menghindari lowongan jabatan yang terdapat SKB-nya. 

Terakhir, aesenku menilai bahwa CPNS 2018 di sscn.bkn.go.id sudah amat membantu untuk para pelamar menganalisa para pesaingnya. 

Sebab di situs sscn.bkn.go.id sudah mencantumkan jumlah pelamar secara real time untuk setiap jabatan. 

Sehingga para pelamar bisa mengetahui dengan pasti berapa jumlah pesaingnya di jabatan yang akan dipilihnya. 

Saran dari aesenku adalah pelamar CPNS 2018 sebaiknya menunggu sampai jam-jam terakhir pendaftaran agar dapat melihat jumlah pelamar di jabatan yang hendak dipilih.

Dengan begitu maka akan lebih mudah memilih jabatan, karena sudah tahu mana yang paling mungkin lolos. 

"Tapi jangan hari terakhir juga sih. Takutnya servernya down dan kalian jadi tak bisa melamar," ujar aesenku.

Mari kita simak video lengkap dari aesenku yang amat mencerahkan : 


Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com