5 Alasan Sejak Kecil Kita Diajarkan untuk Tidak Mudah Menyerah

Hidup itu sebuah perjuangan. Tak ada suatu hal yang bisa kita raih dengan mudah. Apalagi tidak ada mimpi yang mampu digapai tanpa perjuangan dan pengorbanan yang kita lakukan.

5 Alasan Sejak Kecil Kita Diajarkan untuk Tidak Mudah Menyerah

Sejak kecil kita dikenalkan dengan sebuah perjuangan. Berjuang untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, sampai berjuang untuk memenuhi tuntutan dari orang lain. Meski lelah dan seolah tak mungkin karena terlalu sulit, kita selalu diajarkan untuk tidak mudah menyerah dengan keadaan.


Ternyata ajaran tersebut sangat beralasan dan berguna bagi masa kini. Kita yang sedang berjuang meraih mimpi dan menuju target, akan selalu berjuang tanpa mengenal kata menyerah.


Bahkan saat lelah pun yang kita butuhkan adalah rehat sejenak bukan berhenti atau mundur. Lalu apa saja alasan yang tidak kita sadari?


1. Belajar menghargai setiap kesempatan yang ada


Kita yang selalu berusaha untuk terus berjuang dan pantang menyerah adalah manusia yang selalu menghargai setiap kesempatan yang ada. Kita tahu kesempatan emas tidak datang 2 kali dalam hidup kita. Bahkan beberapa kesempatan benar-benar hanya datang sekali. Tidak ada pilihan lain selain terus berjuang.


Pantang menyerah membuat kita tahu betapa sulitnya kita meraih kesuksesan. Dengan kesempatan yang sangat langka, dengan pesaing yang jumlahnya tak kita duga, sampai dengan semua kesulitan yang kita alami. Sungguh sangat rugi jika kita memilih untuk menyerah lalu kemudian berhenti begitu saja.


2. Tidak meremehkan diri sendiri


Siapa yang paling harus dihargai dari setiap perjuangan kita meraih kesuksesan? Tidak lain dan tidak bukan, ia adalah diri kita sendiri. Kita bisa saja meminta orang lain menghargai kerja keras kita, meminta mereka memberi kita imbalan atas usaha kita, dan meminta mereka terus mengingat pengorbanan kita. Tapi semua itu tetaplah kurang, sebab diri kita sendirilah yang harus diperlakukan dengan baik.


Setelah kita berjuang dengan sangat keras, lalu kemudian kita meraih suatu keberhasilan, maka kata menyerah seolah bukan suatu hal yang ada di dalam kamus perjuangan kita.


Dengan tidak menyerah kita menjadi lebih tahu betapa besarnya perjuangan dan betapa kerasnya tekad kita untuk meraih suatu kesuksesan. Kita menjadi lebih menghargai diri sendiri dengan segala hal yang telah kita perjuangkan.


3. Menjadi manusia yang berkomitmen terhadap tujuan


Jangan menyerah, sekali menyerah maka semua mimpi dan cita-citamu seolah semakin jauh untuk digapai. Ya, kalimat itu seolah mengingatkan kita bahwa setiap mimpi memang harus diperjuangkan. Termasuk tujuan hidup kita yang menginginkan kehidupan yang berbeda dari saat ini.


Tak ada yang salah dari setiap mimpi yang kita punya. Yang harus dilakukan hanyalah berusaha dengan sekuat tenaga sampai mimpi itu benar-benar kita raih. Sekalipun tidak sampai menjadi milik kita, setidaknya kita tidak pernah menyerah dalam setiap usaha kita.


Di sinilah niat, tekad dan komitmen kita terus diuji. Mau yang heboh di depan atau yang tanpa banyak kata tapi melakukan aksi yang nyata?

4. Pandai berterima kasih kepada diri sendiri & orang lain


Saat kamu memilih untuk tidak menyerah sesulit apapun jalan dan perjuangan yang harus kamu lalui, disitu pula kamu akan tahu bagaimana caranya berterima kasih. Di setiap kemudahan yang kamu terima, tentu ada campur tangan pihak lain yang membuat jalanmu lebih mudah.


Kamu menjadi lebih mudah berterima kasih kepada orang yang membantumu, mereka yang tak jarang meremehkanmu dan juga kepada mereka yang tak lupa memberikanmu semangat serta doanya.


Selain itu kamu menjadi orang yang mudah berterima kasih kepada diri sendiri. Kenapa harus? Sebab bagaimanapun hasil yang kamu dapat, sukses ataupun gagal, dirimu sendiri sudah berjuang dengan sangat keras untuk berada di titik ini. Tak mengapa jika hasilnya tak membuatmu bangga, setidaknya berbanggalah sebab kamu tak mudah menyerah.


5. Melatih diri untuk bersabar menanti hasil


Bukannya bertahan dalam kesulitan dan enggan mencari jalan lain untuk menuju keberhasilan. Yang kita lakukan habya sedang berusaha pantang menyerah dan menyelesaikan semuanya sampai akhir. Jangan hanya mau berjuang, kemudian sukses, lalu kamu meninggalkannya begitu saja. Pantang menyerah mengajrkanmu banyak hal.


Salah satunya yaitu dengan kelapangan hati, setiap perjuangan yang kamu lakukan, kamu akan bersabar dalam menanti hasilnya. Kamu hanya harus terus berjuang sampai kamu tahu dimana salah dan caramu untuk membenahinya. Bukan hanya menerima hasil instan hanya karena ingin kenerima label berhasil.


Setiap proses yang kamu lalui adalah pelajaran berharga. Hasil yang kamu harapkan akan membantumu belajar menjadi pribadi yang lebih sabar dan mengerti arti kata "semua akan indah pada waktunya".


Sumber: Idntimes

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com