Ingin Kerja di Luar Negeri? Ini Dia 5 Pilihan Jalan untuk Anda

Apakah Anda pernah punya keinginan untuk kerja di luar negeri? Banyak orang yang ingin bekerja di luar negeri karena keuntungan yang didapat lebih besar... Anda pasti tergiur dengan pendapatannya yang lebih tinggi, networking yang luas, atau pengalaman yang tidak biasa. Namun, bukan sesuatu yang tidak mungkin lho Rekan Kerja untuk Anda bekerja di luar negeri. Ada 3 macam pilihan jalan yang bisa mewujudkan mimpi Anda tersebut.

Ingin Kerja di Luar Negeri? Ini Dia 5 Pilihan Jalan untuk Anda

1. Mengikuti program magang atau working exchange

Banyak program yang menawarkan untuk bekerja di luar negeri pada bidang tertentu sebagai anak magang atau working exchange. Biasanya informasi mengenai program-program seperti ini bisa Anda dapatkan di kampus karena tujuannya memang untuk Anda yang masih di bangku kuliah atau para fresh graduate. Namun Anda juga dapat menemukan info serupa di media sosial, laman resmi KBRI, atau laman organisasi kepemudaan skala internasional. Jika diterima, Anda akan dibantu perihal cara mengurus visa, nomor telepon, asuransi, dan perpindahan Anda dari Indonesia ke negara tujuan. Mengikuti sebuah program seperti ini juga memberikan Anda banyak keuntungan. Selain Anda mendapat pengalaman yang luar biasa, Anda pun juga bisa dapat banyak fasilitas gratis (tergantung penawaran dari program tersebut) dan juga gaji (walaupun tidak seberapa tapi bisa untuk beli oleh-oleh ‘kan?).


2. Mengikuti program liburan sambil bekerja
Jika Anda ingin bekerja di luar negeri namun tidak secara permanen, mungkin Anda bisa coba mengambil jalan ini. Terlebih apabila Anda seorang traveler yang doyan jalan-jalan. Memiliki usia 18-35 tahun memperbolehkan Anda melamar visa working holiday di Australia yang masa berlakunya adalah selama 2 tahun atau lebih, tergantung juga dengan negara tujuan Anda. Dengan adanya visa ini, Anda secara legal diperbolehkan bekerja dan tinggal di negara tujuan Anda tersebut. Anda bisa menjadi guru bahasa atau bekerja di sebuah restoran. Alih-alih menambah pengalaman yang masuk ke dalam CV. Namun memang tidak bisa sembarangan karena ada batasan umurnya, Rekan Kerja.


3. Menjadi pekerja freelance berbasis digital

Sekarang ini telah banyak pekerjaan paruh waktu yang menggunakan digital sebagai media utamanya. Dengan menjadi web designer, blogger, vlogger, fotografer dan lain sebagainya, Anda bisa mendapatkan uang sambil berkeliling dunia. Komunikasi yang dijalin dengan para klien juga bisa dilakukan jarak jauh, jadi tidak ada lagi hambatan. Menjadi pekerja freelance berbasis digital merupakan salah satu cara agar Anda bisa bekerja di luar negeri sambil melakukan passion Anda. Semua waktu bekerja Anda atur sendiri. Tentunya sangat menyenangkan ya!

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com