Inilah 6 Manfaat Mengonsumsi Bubur Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh Yang Harus Anda Ketahui

Bubur kacang hijau mungkin sering dijadikan sajian sarapan pengganti nasi. Tidak hanya diolah menjadi bubur saja, kacang hijau juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan lainnya, seperti pada bakpia, onde-onde dan lain-lain.

Inilah 6 Manfaat Mengonsumsi Bubur Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh Yang Harus Anda Ketahui

Kacang hijau sekarang ini juga sudah dijadikan bahan untuk berbagai produk makanan dan minuman kemasan. Dengan banyaknya orang yang menggemari kacang hijau dan memiliki berbagai nutrisi, membuat bubur kacang hijau semakin populer untuk dikonsumsi.


Namun walaupun sudah sering dikonsumsi oleh banyak orang, masih banyak yang belum mengetahui manfaat bubur kacang hijau ini bagi kesehatan. Padahal bubur kacang hijau mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat baik dalam menjaga kesehatan.


Menurunkan Berat Badan dan Mencegah Kanker


1. Menurunkan Berat Badan

 
Manfaat mengonsumsi bubur kacang hijau yang pertama adalah dapat menurunkan berat badan. Manfaat ini tentunya sangat menggiurkan bagi kamu yang sedang diet. Hal ini disebabkan karena bubur kacang hijau memang bisa menjadi makanan pengganti nasi.


Kandungan serat yang sangat tinggi dalam kacang hijau menjadi faktor utamanya, apalagi kacang hijau juga rendah lemak. Kandungan serat dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan bermanfaat juga untuk melancarkan pencernaan. Ditambah lagi kandungan kalorinya yang sedikit membuat kacang hijau sangat baik untuk dikonsumsi.


2. Mencegah Kanker


Selain itu, bubur kacang hijau juga memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya kanker. Kacang hijau memiliki senyawa yang mampu memerangi infeksi virus kanker.


Untuk menghindari terjadinya kanker payudara pada wanita, mengonsumsi kacang hijau akan sangat bermanfaat. Kandungan klorofil pada kacang hijau mampu memusnahkan efek karsiogenik yang menjadi salah satu pemicu kanker.


Mencegah Penyakit Jantung dan Mengurangi Keluhan Menopause


3. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke


Tidak hanya masalah kanker, bubur kacang hijau juga bisa menjaga kesehatan jantung. Jantung adalah organ tubuh yang sangat vital, maka harus dijaga dengan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan yang bergizi. Kandungan serat pada kacang hijau mampu menyerap lemak dan mencegah plak di pembuluh darah.


Plak inilah yang mampu memicu penyakit jantung dan stroke. Kacang hijau mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan polifenol yang bersifat anti inflamasi yang mencegah pembekuan darah di arteri dan vena.


4. Mengurangi Keluhan Pasca Menopause


Mengonsumsi bubur kacang hijau bagi wanita yang sedang dalam masa transisi menopause mampu mencegah osteoporosis yang zatnya juga dapat merangsang pembentukan tulang.


Berbagai keluhan setelah menopause dapat dikurangi dengan berbagai senyawa yang terkandung dalam kacang hijau seperti senyawa isoflavon yang bersifat estrogenic ilmiah.


Baik Untuk Ibu Hamil dan Melancarkan Pencernaan


5. Baik Untuk Ibu Hamil

 
Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi bubur kacang hijau. Sebuah penelitian menemukan bahwa kacang hijau santa baik untuk pertumbuhan sel, sehingga untuk janin yang dikandung akan memiliki rambut yang lebat.


Selain itu, kacang hijau juga mengandung vitamin B1, B2, asam folat, kalsium, fosfor, lemak tak jenuh dan protein yang semua dibutuhkan untuk ibu hamil.


6. Melancarkan pencernaan

 
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sejalan dengan kandungan serat yang dapat menurunkan berat badan, bubur kacang hijau juga dapat melancarkan pencernaan.


Masyarakat India mengonsumsi kacang hijau untuk menambah rasa serta mengurangi rasa nyeri di perut. Hal ini dikarenakan kacang hijau kaya akan serat, sehingga mempermudah proses pencernaan dan pembersihan racun dalam tubuh.

Matang Teungoh - Merupakan personal blog yang membahas seputar informasi yang bersifat umum. email : info@matangteungoh.com